• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 336,936 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Raclette Party

Minggu lalu, di hari terakhir sebelum Noel Vacances, kami dan kawan hampir seluruh kawan-kawan di Laboratorium LE2I membuat acara makan-makan. Sesuai tradisi, pesta ini adalah pesta khusus yang dikenal dengan nama Raclette.

Raclette sendiri adalah salah satu tipe keju yang disajikan dengan sayur-sayuran pada suatu tempat khusus pemanggang/pemanas Raclette. Pemanas ini berisi beberapa tempat kecil untuk memanaskan keju dan di atasnya ada tempat pula untuk memanaskan sayuran. Sayurannya bisa sayuran hijau yang direbus atau biasanya kentang. Kini raclette juga biasanya dilengkapi dengan berbagai sajian daging yang dipotong tipis2 (filet) juga baguette (roti panjang kayak pentungan hansip). Lalu untuk minuman, biasanya di wilayahku ini disuguhkan berbagai jenis anggur merah (vin rouge), anggur putih (vin blanc) atau anggur merah jambu, dan ada pula campagne. Dan untuk yang tidak mau meminum alkohol disediakan pula air berkarbonasi (l’eau gazzez), jus buah atau tentu saja air putih.

Raclette ini awalnya menggunakan bahan dasar keju dari kota-kota yang berada di tenggara swiss di sekitar pegunungan Alps ( yang sering disebut Swiss Canton) dan saat ini juga ternyata keju2 tersebut sudah di produksi di Perancis. Dan tentu saja namanya pun menjadi bermacam2 pula. Aku sulit mengingatnya, namun semuanya diakhiri dengan frase ‘lette‘.

Sebelum masuk ke pesta raclette, biasanya ada makanan dan minuman pembuka. Pada pesta tahun ini di LE2I, ada huitres (kerang seperti remis yang dimakan mentah pakai jeruk nipis) dan roti-roti kecil (canape) yang dioles mutard atau berbagai saus yang memiliki rasa yang bermacam-macam (ikan, daging, bahkan hati angsa). Kadangkala canape ini diatasnya juga dikasih filet ikan salmon (ini yang jadi favoritku, sudah pasti kehalalannya). Selain itu juga ada buah jeruk serta kue2 manis dan tentu saja coklat (hmm.. pantesan aja berat badan jadi nambah).

Dan setelah usai raclette session ada makanan penutup, puding es krim dengan rasa macam-macam seperti caramel, coklat dan strawberry. Nah, seperti biasanya pesta-pesta di perancis, di bagian penutup ini disuguhi pula kopi. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan pesta ini cukup banyak juga, sekitar 5-6 jam. di LE2I pesta dimulai pukul 11, selesai menjelang pukul 16.30. Betul2 Melelahkan, tapi bener2 mengenyangkan :). Kami seluruh penghuni lab (sekitar 30an orang), urunan euro untuk pesta ini.

Ada yang spesial untukku. Di tengah2 pesta aku harus pergi ke masjid untuk menunaikan sholat jumat, sehingga aku meninggalkan sebagian acara pembukaan pesta tersebut. Nah saat kembali ke labo, ternyata pesta pindah ke ruang yang lebih besar lagi. Saat aku masuk ternyata Natalie (sekretaris labo) sudah menyediakan satu loyang besar khusus untukku yang berisi filet ayam dan daging kambing yang bisa kumakan sebagai muslim. Benar2 terpisah dari dari loyang2 yang lain yang ada jambon porc – nya. Wah.. terima kasih banyak. Lalu Mathias memanduku untuk melakukan ritual raclette yaitu memanggang keju, ambil filet daging, ambil kentang, tambah roti dikit kalo mau, lalu terakhir siramkan keju yang mendidih tersebut di atas bahan2 tersebut. Muantappp.

Asyik juga ya.. kalo mau badan ini tambah melar sih, aku mau terus2 makan keju dengan cara seperti raclette ini. Dan ini salah satu budaya Perancis yang menarik dan bisa mengenyangkan 🙂

Bagi sahabat yang mau tahu cara mempersiapkan Raclette party, silahkan ke situs Entertaining.about.com. Di sana ada step by step dalam mengadakan pesta ini. Lalu sahabat yang mau melihat foto2 pesta itu silahkan ke TuanSUFI gallery.

Bonne Vacance pour tous..

bahan Bacaan :
http://en.wikipedia.org/wiki/Raclette
http://entertaining.about.com/cs/cheeseinformation/a/raclette.htm

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: