• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 304,857 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Idul Adha di Dijon

Ada perasaan haru timbul saat aku mendapatkan kesempatan untuk melakukan apa yang selama ini tidak pernah kulewatkan setiap lebaran haji ini tiba, yaitu mengurus domba2 kurban. Yah, walau kini aku tinggal di perancis, ternyata Allah pun tetap membuka jalan untukku untuk tetp terlibat dalam ritual pengurbanan Nabi Ibrahim ini.

Yang aku ceritakan di bawah ini adalah salah satu hikmah silaturrahim. Apa yang kukira tidak kudapatkan sebelumnya, ternyata dengan merealisasikan niat baik ini, semuanya kudapatkan dalam satu langkah saja. Tak berpanjang kata lagi, beginilah ceritanya…

Sejak jauh hari, telah kususun rencana silaturrahim dengan sahabat2 di dijon dalam rangka lebaran haji tahun ini. Namun saat2 di ujung hari H-nya ada tawaran lain untuk ski trip ke Alpen bersama teman2 VIBOT pada waktu yang bersamaan dengan rencana silaturrahim tersebut. Agak ‘goyang’ juga sih, tapi ketidakrelaan atas hilangnya kesempatan silaturrahim dan mengikuti sholat idul adha, membuatku memutuskan untuk kembali ke rencana awal dan alhamdulillah, acara ski trip, karena kekurangan peserta pun akhirnya di undur sehingga rencana semula dapat terlaksana.

Jumat malam di dijon diawali dengan latihan badminton. Sabtu pagi (6/12) sempat download beberapa movie dinosaurus untuk anakku, sorenya jalan-jalan melihat marche noel di centreville. Hari ahad pagi (7/12) setelah cukur rambut di apartemen mas sunny, gantian aku yang mencukur mas aris di apartemennya, sambil menjenguk beliau yang sedang kurang sehat. Nah, inilah hikmah pertama silaturrahim kami. Kesenanganku dalam ber-week end (badminton, jalan2, cukur rambut), serta kewajibanku menjenguk sahabat yang sedang sakit berganti2 direalisasikan Allah padaku. Suatu anugerah besar tiada terkira. sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui, dan itu pun belum berhenti.

Ahad siangnya, ternyata teman2 disana sudah merencanakan untuk ice skating di Patrinoire. So, setelah makan siang kami langsung menuju lokasi tersebut. Wah.. pucuk dicinta ulam tiba, ngga jadi ski di alpen, kebagian juga meluncur2 dikit di hall hockey indoor tersebut. Yah, ternyata ngga mudah juga ya menjaga keseimbangan tubuh dalam area es yang licin tersebut. Awalnya tertatih2, lama kelamaan setelah 3 putaran aku mulai terbiasa. Subhanallah, disinilah aku merasakan keadilan Allah. Untuk peluncur pemula seperti aku, mungkin bisa berbahaya untuk terjun langsung ke area ski di gunung yang sangat dingin dan licin. Yah, kesempatan untuk belajar ice skating ini membuka mataku betapa perlu persiapan keahlian lagi untuk bisa meluncur mulus di alam bebas seperti ski tersebut. nah, inilah hikmah kedua silaturrahim kami.

Keesokan harinya (8/12), jam 9 aku bersimpuh bersama ratusan muslim lainnya di masjid dekat jalan Wilson. Gema takbir, shalat sunnah idul adha serta suasana ied mubarak, sangat terasa. Betapa setiap desah nafas takbir, serta ucapan amin yang serentak membawa jiwa ini untuk tenggelam dalam keheningan terhadap renungan pengurbanan orang-orang mulia di sekeliling kita. Semangat yang dibangun oleh keimanan ini, tentunya akan membawa hasil yang luar biasa. yah, saat ini, setiap kita semua pasti selalu melakukan suatu pengorbanan. Namun, sudahkah pengorbanan2 itu diniatkan atas dasar keimanan seperti yang dicontohkan oleh nabi Ibrahim dulu? ataukah cuma bermotifkan keduniaan semata? Sayang kan, kalau pengorbanan kita tidak bisa menembus dimensi akhirat dan hanya berceceran di dunia yang fana ini.

Itulah hikmah silaturrahim kami lagi. Kesadaran untuk memperbaiki niat dalam berkurban ini ternyata tiba begitu saja. Sangat mudah dan gamblang.

Nah, selesai sholat kami berkumpul di apartemen mbak Aning di Petit rouge. Makan2 dan bercengkrama. Sementara mas aris, diurut kakinya oleh bang Ujai. Setelah itu, berlima kami yang laki2 (bang ujai, mas aris, mas rudy, mas bram dan aku) berangkat ke Jura untuk mengurus hewan kurbannya mas aris. Kami menembus kabut tebal, serta menemui sedikit gliss (es padat licin) dalam perjalanan ke peternakannya adik istrinya bang Ujai tersebut. Sesampainya di sana, suhu cukup menggetarkan bibir kami. Namun semangat tidaklah luntur, mas aris yang kurang sehat saja tetap melakukan pemotongan kurbannya sendiri. Lalu setelah itu bergotong royonglah kami menguliti kambing tersebut dan memotong-motong dagingnya menjadi bagian yang cukup kecil sehingga bisa masuk ke plastik. Yah, inilah hikmah silaturrahim kami lagi. Betapa dada ini berdegup merasakan keharuan. Tidak ada perkiraan sedikit pun aku bisa melakukan ini semua di perancis ini. Sebab yang kutahu, proses yang seperti ini membutuhkan berbagai lisensi dan kualitas kontrol dari departemen peternakan setempat. Nah, bagiku dan sahabat2 di dijon ini ternyata dapat terealisasi begitu saja. Mudah dan lancar.

Akhirnya, selasa pagi menjelang siang, aku kembali ke le creusot. Situasi cuaca masih saja buruk, berkabut dan sangat dingin. Untuk menyempurnakan kebersyukuran kami ini, daging kambing yang diberikan sahabat di dijon pada kami kupotong2 lagi menjadi bagian yang lebih kecil dan kubagikan kepada sahabat2 dari iran, mesir, pakistan dan teman2 dari gunadarma yang ada di le creusot. Yah, inilah pengalamanku lagi yang membuatku semakin yakin, bahwa silaturrahim pasti akan membawa keberkahan Ilahi kepada kehidupan kita. Silaturrahim juga akan membawa hiburan yang dapat menentramkan hati kita. Dan tentu saja, silaturrahim ini membuka kesempatan besar bagi kita untuk menjadi hamba-hamba yang bersyukur.

Mau lihat foto2 silaturrahim kami ? silahkan klik disini.

3 Tanggapan

  1. Waaah..serunya ngerayain idul adha dengan ka iqbal, vina n genk Dijon.. Jadi tidak terasa asing di negara orang…Memang Allah SWT sayang sama kita semua…

    so..see u…@ Depok..

  2. Happy Eid Mubarak ya…

  3. Semua pekerjaan kita bila dilakukan denganpenuh cinta dan keikhlasan, insyaallah semua menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: