• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 304,316 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Menu Nikmat dan Praktis

Bagiku, urusan masak-memasak ini kadangkala menjadi monoton dan tanpa ide sama sekali. Walau pun perlengkapan untuk aktivitas ini sudah lebih dari cukup, yaitu 2 kompor listrik serta microwave.

Kombinasi ide dasar untuk memasak bahan makanan dengan bagaimana cara menyajikannya adalah merupakan salah satu masalah besar bagiku. Jadi hari ke hari, untuk sayur ya sop lagi-sop lagi. Atau kalau lagi agak sedikit rajin, bikin tumisan-tumisan, pakai cabai hijau, daun bawang, dan buncis-buncisan yang aku sempat beli di pasar Arab setiap hari sabtu. Atau paling simpel beli ayam bakar satu ekor (atau dua) untuk makan 2 sampai 5 hari, dikombinasikan dengan telur dadar untuk pagi hari dan sayur bayam keju yang tingggal masukkan ke microwave saja untuk siang hari dan indomie untuk malam hari.

Kerinduan terhadap masakan istri dan makanan ala Indonesia akhirnya yang jadi pemicu untuk memperbaiki perhatianku terhadap masak memasak ini. Dipandu via VOIP, pelajaran seni memasak dari istri tercinta akhirnya membuka hatiku untuk suatu kesenangan baru ; bergaya dalam menyajikan makanan…

Nah, praktek pertama ini adalah membuat ikan tepung saus manis pedas.  Bahannya  simpel, cara membuatnya :

Pertama untuk saus (dibuat dengan api kecil)

bawang bombay atau bawang merah / putih digoreng sampai harum.

Masukkan sausnya – untuk kasusku karena aku punya cabe giling cair beli di toko cina (asli cabe bukan paprika, pedes!), campur dengan jus tomat (di perancis, jus tomatnya agak asin2 sedikit, jadi pas banget kalo dipake masak) dengan perbandingan 1:5, cabe giling cair 1 sendok teh saja, cukup.

Setelah itu aku masukkan tepung yang kebetulan aku punya yaitu tepung terigu. Tapi jangan langsung dimasukkan ke penggorengan, campur dgn air dulu secukupnya di mangkok. Oh ya terigunya cukup 2 sendok makan saja.  Sebetulnya kata istriku pakai tepung maizena, berhubung ngga ada, dan begitu aku coba cari di supermarket kutemui banyak sekali jenis tepung sehingga malah membingungkan (Untuk urusan ini aku harus tanya sama Julia kayaknya), jadi pakai terigu aja. Prinsipnya kan supaya sausnya bisa agak kental begitu.

Nah, dengan api kecil, aduk semua bahan itu, sambil tambah gula atau garam secukupnya, merica juga kalau dibutuhkan. Pokoknya  jangan lupa sambil terus dicicipi, sudah pas enaknya atau belum.

Setelah mengental, masukkan kacang polong. berhubung aku punya kacang polong kalengan, ya aku pakai saja. Dan ternyata saat kubuka ada juga wortelnya. So, kumasukkan aja secukupnya. Sausnya jadi aneh… pakai wortel segala he he he.

Sampai sini, selesai untuk saus.

Kedua adalah goreng Filet Ikan

Cari Filet ikan di supermarket, pilih aja yang sesuai selera, ikan colin, ikan pangas atau yang mahalan dikit adalah filet ikan salmon. Setiap filet aku potong dua, lalu aku kasih tepung bumbu dan digoreng dengan api sedang. Sering dibolak-balik supaya ngga gosong. Oh ya, tepung bumbunya aku bawa dari Indonesia, tepung kobe. Atau bisa beli juga di sini yaitu tepung untuk goreng ayam.

Selesai ikan digoreng, siramkan saus yang sudah jadi tadi di atas ikan tersebut. Lalu sajaikan hangat-hangat.

Muantap. percobaan pertama ini sukses besar ! rasanya hampir sama dengan masakan istriku, walau pun bentuknya lebih berantakan.  he he he.

Masakan ini Enak dimakan dengan nasi hangat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: