• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 336,015 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Festival Sop di Le Creusot

Di le creusot ada festival budaya yang diadakan tiap tahun, festival ini disebut dengan La Symphonie des soup. Tahun ini, diadakan tanggal 26 Oktober lalu di halaman Universitas Condorzet, yang sangat dekat sekali dengan apartemen tempatku tinggal. Nah, inilah ceritanya.

Ini adalah acara yang menarik. Tenda-tenda di susun membentuk kotak, yang bagian tengahnya dikosongkan untuk pertunjukan-pertunjukan seni. Tenda-tenda ini masing-masing menjadi stand yang menjajakan sayur sop yang beraneka ragam. Ada yang gratis, ada pula yang harus bayar. Sopnya pun bermacam-macam, mulai sop labu sampai sop yang warnanya biru ; Unik juga ya. sampai saat ini aku juga ngga tahu pasti kenapa sampai bisa berwarna biru seperti bendera perancis seperti itu, sepertinya sih enak, karena kulihat banyak orang yang berulangkali mencobanya. Aku sendiri sih agak segan mencoba sopnya…

Nah, menariknya dalam periode tertentu keluar badut-badut yang menghibur pengunjung. Ada yang menari-nari, ada yang menggunakan engrang dan ada yang berpakaian tradisional perancis dengan topinya yang khas. Lalu aku juga  menemukan ada wanita berpakaian hitam menggunakan payung hitam yang diberi tirai hitam. Seorang wanita lainnya membagikan selebaran kecil, lalu yang yang tertarik akan masuk kedalam tirai hitam di bawah payung hitam berbicara dengan wanita tersebut beberapa menit, lalu keluar. Entah apa maksudnya. Aku pun ngga sempat bertanya.

Sebuah panggung juga didirikan untuk pentas musik tradisional. Kulihat ada dua grup musik yang mengisi acara, yaitu grup dengan alat musik acordion, flute, perkusi dan gitar, dan grup lainnya yang cukup nyentrik dari kostumnya dan gaya memainkan alat musiknya yang meliputi gitar, banjo, trombone, flute dan perkusi. Ini mungkin dangdutan gaya perancis ya? Awalnya ada suara flute yang mendayu-dayu, lalu selanjutnya kombinasi gitar, acordion dan perkusi membuat orang-orang mulai bergoyang dan menari. bedanya kalo di indonesia, dua jempol di atas dada yang bergerak2, nah disini kedua tangan mereka di pinggang lalu bergerak kesana kemari, sambil sesekali dibentangkan jika bergerak memutar.

Selesai pertunjukan musik grup pertama, pertunjukan dilanjutkan dengan pantomim. Suasananya mirip tukang obat di jalan atau pertunjukan topeng monyet. Yang berpantomim cuma satu orang, dengan peralatan pendukung cerita yang lengkap. Dia memutar piringan hitam sebagai musik latar, lalu berganti-ganti mengambil peralatannya sampai berganti kostum pertunjukan di depan kita semua. Dia menceritakan sebuah cerita, sambil berinteraksi dengan penonton dengan kediamannya. Gerakan mengajaknya sangat atraktif dan tentunya tanpa suara sama sekali. Sesekali dia mengajak penonton untuk ikut menari atau bertingkah polah sebagai lawan mainnya. Lucu, karena beberapa kali dia menarik kakek-kakek lalu disandingkan dengan nenek-nenek dari sisi lainnya untuk kemudian berdansa di tengah-tengah penonton.

Kemudian, menjelang penutupan dimainkan lagi musik tradisional oleh grup yang kedua. Yah, akhirnya festival yang dimulai pukul 11 pagi akhirnya selesai pula pukul 17.30 sore. Sunggah acara yang sederhana tapi cukup menarik. Intinya adalah berkumpulnya warga kota untuk makan-makan sayur sop bersama sambil menikmati hiburan. Boleh juga sekali-kali kita lakukan hal yang sama di RT tempat wilayah kita tinggal, soalnya kebersamaan kita bertetangga nampaknya sudah mulai luntur juga.

Foto lengkap ada di TuanSUFI Galery

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: