• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 359,704 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Sidang Skripsi Remote Le Creusot – Jakarta

Seperti hari-hari lainnya, alarm mulai menyalak sekitar 2 jam sebelum azan shubuh di pdaku. Hari ini, karena udara dingin aku terpaksa menarik selimut lagi sehingga tertidur lagi. Aku baru bangkit ketika azan shubuh di pdaku menjelang habis dikumandangkan. Nah, seperti biasanya aku perlu duduk sebentar dalam gelap gulita sebelum menuju kamar mandi. Saat lagi asyik2nya terpekur, tiba2 saja dering telpon memecah kesunyian pagiku itu, ada apa ya? ternyata mas sunny dari dijon memberi kabar bahwa tim penguji skripsi di Gunadarma di kampus Gunadarma Simatupang jakarta sudah siap untuk menguji vina dan wisnu, mahasiswa program SARMAG yang sedang ikut Sandwich program dengan Master Vibot second promotion di Le creusot ini.

Maka setelah sholat shubuh aku segera mendatangi apartemen wisnu dan Vina, Aku disambut dengan mata-mata sembab baru bangun tidur dari mereka berdua. Setengah jam kemudian, barulah mereka berdatangan di apartemenku. Bagusnya, vina berpakaian rapi dan begitupun wisnu yang pakai batik, walaupun bawahnya pakai celana tanggung saja. Udara hari ini memang betul2 dingin.

Sementara mereka belum tiba, aku menyiapkan yahoo messenger untuk confrence, tetapi ternyata tidak stabil dalam penampilan videonya, sehingga segera kucoba menggunakan skype saja, yg selama ini kalau kupergunakan untuk video confrence dengan keluargaku sangat memuaskan, dan seperti biasa, skype boleh dibanggakan untuk sebuah layanan video confrence ‘gratis’-an.

Di ujung sisi video lainnya dari Skype-ku, aku melihat profesor Yuhara Sukra, pak Prihandoko, pak Tubagus Maulana dan pak Asep Juarna sudah siap menguji. Mereka ini adalah tim penguji untuk Vina. Sementara itu di saat bersamaan di yahoo messengerku, telah dibuat confrence room pula oleh para penguji Wisnu, yang terdiri dari Ibu Dewi Agushinta, Pak Adang Suhendra, pak Avinanta Tarigan dan pak Ery Prasetyo. Wah, mereka mengharapkan bisa menguji dua mahasiswa ini secara paralel. Maka, sementara sedang kusiapkan satu komputer lagi untuk bisa online juga, vina sudah memulai presentasinya setelah dibuka pengantar oleh pak Tubagus maulana. layar notebook kubagi menjadi dua, sisi yang satu menampilkan skype video confrencing dan yang satu lagi pdf bahan presentasinya Vina. Sementara dimeja kusiapkan notes dan alat tulisnya, siapa tahu dibutuhkan.

Vina berbicara dengan cukup lancar (untuk seorang yang baru bangun tidur 🙂 ), pertanyaan demi pertanyaan oleh para penguji jelas visual dan audionya dan agaknya di sisi sana pun, jawaban vina cukup berkualitas (maksudnya sound & videonya.. 🙂 ). Aku sempat menyaksikan bahwa di ruangan penguji pun ada tampilan peresentasi skripsinya Vina yang dioperasikan secara manual oleh salah seorang di sana. wah, asyik juga kalo materinya bisa di remote langsung dari le creusot juga (jadi pengen nyari layanan gratisan yang bisa utk itu juga, nanti akan kutulis dlm topik tersendiri deh). Tapi, berbeda dengan komputernya Wisnu, setelah berkali2 dicoba, tetap tidak se-paripurna notebookku yg dipakai vina karena ada masalah sound yg hanya bisa dipecahkan dengan instal messenger ulang, sehingga dengan terpaksa, pengujian skripsi wisnu baru bisa dilakukan setelah vina selesai.

Sekitar 2 jam lebih sedikit, mereka semua selesai. Vina berpresentasi pakai bahasa Indonesia dan wisnu diminta berpresentasi berbahasa Inggris. Masing-masing membutuhkan sekitar 50 menit untuk menjalankan sidang skripsinya. Aku bersyukur, saat komunikasi berlangsung tidak terinterupsi oleh buruknya cuaca hari ini, karena sebetulnya aku kawatir dengan koneksi internetku yang hanya mengandalkan WIFI saja.

Aku gembira melihat kegembiraan vina dan Wisnu melihat kehadiran kawan-kawan mereka di jakarta yang juga menyaksikan sidang mereka. Jadilah confrence dilanjutkan dengan komunikasi khas anak muda satu geng di Indonesia yang sudah lama ngga ketemu itu. Maka untuk melengkapi kelegaan hari ini dari mereka berdua, kusajikan saja rendang ayam untuk makan pagi. sekalian party atas syukurnya mereka bisa melaksanakan sidang skripsinya, dan juga syukurku bisa terlibat dan turut berperan dalam perjalanan menuju masa depan mereka berdua.

Sekali lagi, succès pour tout.

_______

nb. foto-foto bisa dilihat di sini

Iklan

4 Tanggapan

  1. Alhamdulillah, Akhirnya 1 tugas telah tertunaikan.
    Selamat ya, semoga tugas berikutnya segera di tunaikan lagi

    aries muslim

  2. Selamat untuk Wisnu & Vina, semoga studinya berjalan lancar & semua ilmu serta pengalaman studi disana dapat diterapkan di Indonesia, btw hasilnya udah keluar?? ….. Bal bagi rendang ayamnya ya

  3. Selamat ya Wisnu, Vina… semoga studi selanjutnya berjalan sesuai dengan harapan….
    Selamat juga untuk Iqbal dan tim UG lainnya yang memungkinkan penyelenggaraan sidang skripsi remote ini…
    Selamat untuk semuanya……

  4. Wisnu, vina la fete kapan ? Khan budaya sini mesti pake La Fete segala khan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: