• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 327,924 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Blog untuk Hati Nurani

Inilah kali pertama aku menulis tentang blog ku sendiri. Pesanku adalah ayo menulis dengan Kejujuran dan hati nurani

Akhir minggu lalu, aku ‘membongkar-bongkar’ folder-folderku dan menemukan berbagai hal yang hampir terlupakan. Aku yang punya ‘penyakit’ rajin mencatat segala hal tiba2 seperti anak2 yang kegirangan menemukan mainannya yang hilang, ketika menyaksikan setumpuk dokumen2 pengamatanku terhadap perkembangan anak-anak kami. Segeralah aku melengkapinya dengan foto-foto (serta video) yang terkait dengan timeline anak2ku itu? lalu segera aku posting di blog ini. Memang ada beberapa hal yang tidak tercatat, tetapi itu masih bisa kudiskusikan dengan istriku dan insya Allah dalam beberapa waktu yang akan datang bisa menjadi lebih lengkap, karena istriku pun punya catatannya sendiri. Halaman2 ini dapat sahabat akses di halaman  About the Man Behind TuanSUFI atau klik langsung di sini : Zaidan dan maryam.

Dalam kesempatan ini, perkenankan aku menyatakan rasa senangku, karena setiap langkah demi langkah perkembangan anakku akhirnya berhasil kususun juga, setelah sekian lama aku bingung memilihkan media apa yang paling tepat untuk itu. Tentu blog ini hanyalah salah satunya, media yang lebih detil seperti riwayat kesehatan, hasil karya anak2ku di rumah serta sekolahnya sudah berada dalam bindernya dengan rapi.

Nah, tapi itulah poinnya. Blog ini ternyata bisa juga jadi binder yang bisa diakses oleh siapa pun yang membutuhkannya. Kita bisa menuliskan kehidupan kita (dengan jujur tentunya) dan semua orang bisa (seolah-olah) berkaca dari berbagai contoh kehidupan yang dituliskan di blog, siapa pun dia, dimanapun berada, sehingga kita (mestinya) bisa memahami berbagai keberagaman yang ada di dunia ini.

Kemudian dari blog ini juga aku dapat menyampaikan perasaanku terhadap istriku yang berada jauh dari sisiku sekarang. Tugas belajar ini menjadi lebih ringan sebab aku sering berkomunikasi dengannya (sekaligus berbagi dengan sahabat semua) dalam berbagai kisah2ku di perancis ini. Tentunya, ada beberapa tulisan khusus untuk ibunda anak-anakku itu. Betapa satu poin prestasi lagi tercapai oleh blog ini yaitu sebagai sarana komunikasi internal keluarga.

Selain itu juga, istriku pun seringkali mencetak kisah2 di blog ini untuk disampaikan kepada orangtua kami di tanah air. Dan seringkali beberapa celotehku di bahas pula di ‘forum’ nasi goreng jumat pagi di rumah orangtuaku yang didatangi oleh para ustadz setelah mereka mengikuti pengajian shubuh Ustadz Didin Hafidudin di Masjid Alhijri 2 dekat rumah kami di bogor. Disitulah berbagai kelucuan, ketakjuban bahkan keperihan hati tentang segala hal dalam kehidupan, diramu menjadi dua kunci besar ajaran Muhammad SAW tentang menghadapi kehidupan yaitu sabar dan syukur. Subhanallah, indahnya bisa berkata-kata dengan hati, pesannya gamblang, mudah diterima dan tidak mungkin salah.

Aku sangat menyadari, bahwa berkata-kata dengan emosi tentunya akan mudah menggugah setiap personaliti kita. Namun kebanyakan emosi biasanya mengaburkan makna dan pesan intinya. Apalagi bila terjadi tabrakan dari dua pihak yang emosinya berseberangan, pesan yang sesungguhnya malah hilang dalam perdebatan sengit itu sendiri. Nah, itulah yang kini kucoba jaga dalam menulis di sini. Yaitu tetap memberi emosi namun tetap dalam jalur yang tegas. Seperti perintah Nabi yaitu “jadilah umat pertengahan.”

Iklan

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: