• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 359,806 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Sistem Asuransi di Perancis

Bicara soal penanggungan pemerintah Perancis terhadap kehidupan warganya atau setiap kehidupan orang yang berada di wilayahnya, ternyata amat rumit. Aku melihat sistem besar yang sudah berjalan dengan baik yang tentu saja bisa kita pelajari untuk bisa diterapkan di negara kita misalnya. Tulisan ini adalah ilustrasi yang mungkin bisa dijadikan pedoman bagi para sahabat yang akan terlibat dalam sistem besar ini, atau sebagai pembuka wawasan bagi yang membutuhkannya. so, baca perlahan-lahan.

Secara umum asuransi adalah sesuatu yg wajib bagi siapa pun yg tinggal di perancis ini. Ada suatu badan khusus pemerintah Perancis yang mengurusi mekanisme asuransi mulai dari pengumpulan dana sampai distribusi detailnya. Lembaga ini bernama URSSAF (Unions de recouvrement des cotisations de sécurité sociale et d’allocations familiales). Khusus untuk tenaga kerja ada juga ada satu lembaga lainnya yang bernama ASSEDIC yang juga bekerja sama dengan URSSAF, terutama kerjasama dalam menanggung orang-orang yang garp (tidak punya pekerjaan alias pengangguran).

Mau tahu seluas apa URSSAF memberikan layanan ? coba cek ke sini dan sini langsung aja (bahasa perancis, sahabat bisa pakai google translator untuk memudahkan).

Setiap bentuk penanggungan yang ditawarkan URSSAF terdiri dari dua bagian, yaitu Base dan Mutuel. Status layanan Base adalah layanan penanggungan kesejahteraan yang dapat dinikmati oleh semua orang. Untuk base ini, orang perancis menganut la solidarité social : Siapa pun memiliki hak untuk mendapatkannya, dan ini adalah standar layanan. Sedangkan layanan mutuel atau complementaire adalah layanan tambahan untuk kenyamanan transaksi layanan base tersebut. Nah untuk yang kedua ini pemerintah selektif dalam memberikannya, yaitu memberi Prioritas dulu kepada orang tua, pensiunan (Taitbout), orang miskin termasuk juga pelajar dengan beasiswa pas-pasan. Nah, bagi orang yang mampu dalam hal finansial, mereka harus membeli layanan mutuel ini. Sehingga pada fokus inilah perusahaan asuransi selain pererintah (URSSAF) dapat turut berpartisipasi dalam menyediakan layanannya.

Supaya lebih jelas, sekarang aku beri contoh layanan base dan mutuel untuk asuransi kesehatan. Layanan Base berhubungan dengan pelayanan dasar kesehatan (contoh : obat2an standar, kamar perawatan berdua, layanan medis umum, periksa gigi, dsb) dan mutuel-nya adalah layanan tambahan kesehatan (contoh : tidak perlu reimburs bayar obat atau dokter, berhak mendapatkan obat bermerek, berhak ditanggung dalam operasi, mendapat kacamata, ruang perawatan VIP dsb). Untuk asuransi kesehatan ini, kita bisa saja mengajukan diri untuk layangan base di l’assurance maladie, dan layanan mutuell – nya di CMU, siapa tahu dikabulkan. Tapi kalo gaji gede atau beasiswa berlebih, ya silahkan beli formasi layanan yang lebih baik lagi dari swasta.

Contoh lainnya asuransi untuk keluarga. Sub bagian yang mengurusi ini dalam URSSAF adalah CAF. Di sini layanannya meliputi perumahan, anak atau tunjangan kalau kita mengangkat anak. Setiap orang di perancis termasuk Kita, bisa saja ditanggung oleh CAF, namun dengan status tertentu seperti yang telah aku jabarkan di atas. Bentuk penanggungan untuk perumahan adalah dibiayai untuk membayar sewa rumah, dapat discount untuk bayar listrik di EDF (PLN-nya perancis) atau berbagai keperluan perumahan lainnya (detilnya lihat aja di caf.fr). Sedang bentuk penanggungan untuk anak adalah dimulai dari 5 bulan dalam kandungan, melahirkannya, lalu kebutuhan hidupnya seperti makanan, kamar dan pendidikan. (Ngiler juga sih ngelihatnya, betapa hebatnya tanggungan pemerintah perancis bagi anak-anak yang dilahirkan di sini. Kapan ya bisa terjadi juga di negara kita?)

Nah, bagaimana untuk pelajar ? Menurut yang aku ketahui, pelajar dibatasi dalam usia 28 tahun. Di atas 28 tahun, sahabat harus mengurus asuransinya ke security social lalu melengkapi mutuelnya sendiri, tidak bisa mengurus asuransi dengan status pelajar (ini aku alami sendiri, sehingga untuk asuransi apartemenku harus beli dari swasta). Sedangkan di bawah 28 tahun, mereka2 ini masih dalam tanggungan asuransi dari orangtua mereka. Biasanya anak2 sini yang merasa mulai dewasa berusaha lepas dari orangtua dengan membeli asuransi untuk pelajar untuk mendapatkan penanggungan complementaire (mutuel) bagi mereka, supaya mereka bisa lebih nyaman dalam berpisah dengan orangtuanya. Nah, nasihatku. bagi pelajar cobalah cari formasi-formasi asuransi yang memang disediakan untuk pelajar. Ini cukup memudahkan karena integrasinya terhadap seluruh kebutuhan yang harus ditanggung merambah kemana-mana, sehingga sekali tepuk semua terlampaui. Bahkan kadangkala ada promosi-promosi tertentu sehingga preminya bisa lebih murah (walaupun jarang…:-)).

Kemudian, bagi pelajar impor seperti kita ini bagaimana? Menurutku, ada baiknya jika mau berangkat, sebelumnya kita terdaftar di asuransi dari negara asal kita sendiri. Untuk berjaga-jaga saja, sebab biaya kesehatan dan rumah sakit disini muahal banget (Sebagai ilustrasi untuk dapat layanan dokter dan obat flu standar aja paling tidak perlu 60-70 euro, bandingkan dengan di indonesia, paling2 cuma 100ribu perak, di puskesmas lebih murah lagi, kisaran 20ribu-30ribu perak, apalagi kalo ke dokter gigi… wah!! – maka rawat gigimu baik2 ya). Kecuali kalau merasa yakin bisa menjaga kesehatan, ya silahkan saja, tapi ingat ! Hal yang pertama harus dilakukan ketika datang di perancis, ya daftarkan diri sahabat ke perusahaan asuransi untuk mendapatkan layanan2 seperti yang telah aku jabarkan di atas. Syarat2nya, sementara passport aja dulu sudah bisa daftar ke perusahaan asuransi swasta. Tapi kalo mau daftar ke URSSAF ya, sahabat harus urus dulu Titre de sejour atau kartu residen untuk tinggal di perancis dalam waktu yang lama.

Lalu untuk pekerja, bagaimana ? untuk topik ini yang lebih detil, bisa baca postingnya julia di sini

Itu saja dulu, semoga tulisan ini bisa membantu.

Iklan

Satu Tanggapan

  1. ASSEDIC bertugas mengurusi/menjamin pekerja jika kehilangan pekerjaan (memberikan santunan selama mereka menganggur).
    ASSEDIC bekerja sama dengan ANPE membantu mengembalikan mereka ke arah profesional/mencarikan pekerjaan. atau memberikan formation/kursur jika ada di antara mereka yang ingin mengubah karier/profesinya.

    Biasanya mereka ini bekerja sama dengan Chamber de Commerce et Industri (Kamar dagang dan indurtri), GRETA, AFPA, Conseil Regional atau Universitas dll.

    Entar lagi ya, mau ngurusi anak-anak dulu! Ines lagi pulang makan siang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: