• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 328,420 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Aplikasi Pengenal Wajah

Situs ini menarik, coba lihat screenshoot yang kuambil dari dari situs tersebut, pada awalnya aku cuma meng-upload citra wajahku, istriku dan citra anakku, lalu itulah hasilnya, ternyata 43 %, zaidan mirip aku.

Ketika aku sedang mencari bahan mengenai face recognition sebagai pengetahuan tambahan bagi risetku di bidang computer vision ini, mbah google menggiringku ke sini. Selain itu, aku juga mendapatkan beberapa situs lainnya, namun yang sistem face recognition yang aplikatif dan terimplementasi secara baik dalam ranah end-user aku baru menemukan di situs ini ini saja.

Ada 3 aplikasi face-recognition di situs ini, yaitu analisa kemiripan kita dengan celebritis internasional, lalu pembuatan morph dari wajah kita ke wajah celebritis internasional dan analisa kemiripan anak dengan orang tuanya. Inputnya cukup sederhana, sahabat bisa meng-upload foto wajah berformat JPEG, resolusi kalau bisa cukup tinggi dan menghadap ke depan, sehingga titik-titik wajah bisa terlihat jelas. Lalu, tinggal ikuti langkah demi langkahnya sampai selesai. Outputnya pun bisa langsung di kirim ke blog kita (ada beberapa pilihan blog di sana, termasuk juga wordpress ini).

Sampai sekarang, aku masih mencoba-coba berbagai kemungkinan face-matching menggunakan aplikasi di situs ini, sambil menebak-nebak algoritma yang digunakannya untuk pengenalan wajah. Namun setelah aku bandingkan dengan situs riset face recognize lainnya, algoritmanya adalah mengukur panjang antara

titik-titik di bawah ini, lalu membandingkan dengan data panjang titik-titik pada wajah celebrities yang ada atau dengan gambar ibu bapak. Lihat pada gambar di samping ini, mudah2an jadi ilustrasi, walau sebetulnya aku belum menandai lengkap citra diriku itu, pada bagian titik tengah jidat lalu kiri kanan jidat. jadi, yang dilakukan adalah mengukur jarak antar mata, lalu mengukur jarak antar mulut dan hidung, lalu mengukur jarak antar telinga bagian atas, dan seterusnya, lalu membandingkannya.

Penasaran ? coba klik di sini.

atau kalau mau yang lebih advance klik di sini dan coba online demonya.

Iklan

6 Tanggapan

  1. Hello mas Iqbal, kebetulan riset S2 ku dulu itu mengenai face recognition, sekarang yang paling advance adalah menggunakan 3D morphable model dari face testing maupun training dengan 2 sudut pandang, lalu digenerate synthetic faces. Nantinya testing synthetic face itu kita extract featurenya dan kita bandingkan dengan training synthetic faces dengan satu algoritma classifier tertentu.

    Coba lihat ini :
    http://portal.acm.org/citation.cfm?id=942766&dl=ACM&coll=GUIDE

    Kalau saya dulu bikin dengan gabungan PCA, Nearest Feature Line dan Neural Nets. Hasilnya cukup OK, tapi harus punya banyak data.

    Salam,

    TuanSUFI : Ya, sangat menarik, nanti saya mau belajar ke adi soal ini ya.., mdh2an kesempatan PhD Adi oleh valurec terbuka lebar, shgg kita bisa sama2 di perancis ini ya

  2. Wah..keren sekali..face recognitionnya, ya, pak…

    Hm..yang jadi pertanyaan saya..bagaimana kalo ukuran/tampak wajah kita di foto tidak dalam posisi simetris..trus gimana kalo pas di foto kita lagi tertawa sementara foto lain (yang akan dibandingkan dengan foto kita) justru dalam keadaan cemberut ?

    Itu ada pengaruhnya gak, ya ?

    TuanSUFI : Memang capture terbaik adalah saat posisi wajah kita dalam keadaan simetris menghadap kamera. Tentu, posisi lekuk wajah akan sangat mempengaruhi tinggkat matching pada perbandingan yang dilakukan. Namun sekarang ada beberapa algoritma canggih yang tidak hanya mengukur jarak antar titik obyek pada wajah yang dibandingkan, tetapi juga dapat memprediksi kuantitas maksimal atau minimal obyek tersebut saat wajah kita tersenyum atau berekspresi.

  3. mau tanya mas..
    kalo untuk TA S1…
    algoritma untuk face recognizion basgusnya apa ya..
    yang simple tapi mudah dipelajari (pengennya yang gampang xixixi)
    trus ada refrensi nggak …
    tengkyu

    di imel aja ya mas…nongkrong_diwarungkopi@yahoo.com
    mohon bantuannya

  4. mas
    saya lagi TA S1…
    tentang deteksi kantuk secara real time dengan analisa deteksi posisi wajah,,,
    kira2 mas ada contoh coding untuk deteksi posisi wajahnya nggak..?
    kalau ada boleh email in ke sini g mas… tedok_095@yahoo.com
    makasih sebelumnya mas..

  5. Assalamualikum pak muh.iqbal sya agus dlu wktu tingkat 2 sya salah satu mahasiswa bapak , wktu mengajar di 2 db 23 , paki iqbal. Sya tertarik tentang atrikel bapak ini , sangat menarik dan bagus … Pak kbtulan saya mau ambil penulisan ilmiah dengan mengusung tema “face recogintion menggunakan open cv ” akan tetapi sya mempunyai kendala .. Belum paham betul dengan metode dan teori nya dari face reognition , klo bapak berkenan sya mohon bimbingan dan pencerahaannya agar sya dpat bisa lbh paham . Sebelumnya trima kasih banyak .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: