• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 308,903 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Orang Belanda yang mencintai Indonesia

Masih soal yang ringan-ringan di ujung minggu, mendadak sentimen kecintaan terhadap negeri kelahiran menjadi meningkat. Di saat berkeliling di dunia maya dengan berbagai kemungkinan kata kunci pencarian, aku menemukan lagi manifestasi cinta yang diimplementasikan indah sekali. Yaitu tentang seorang yang tinggal di sebelah dunia yang lain, yang diam2 ternyata mencintai Indonesia.

Yah, siapa yang menyangka, jika ini dilakukan oleh orang indonesia sendiri tentu tidak aneh. Tapi ini terjadi pada orang yang tinggal di negeri yang pernah menjajah Indonesia, yaitu Belanda. Aku pelu mengesampingkan berbagai kemungkinan berburuk sangka dari kita kepadanya, tetapi dengan apa yang dihasilkan dari rasa cintanya itu mau tidak mau harusnya menghentak diri kita semua untuk menyadari, bahwa sejauh ini dengan kecintaan kita sendiri kepada Indonesia, apa yang sudah kita perbuat untuk negeri kita itu. Peter Fennema sudah berbuat sesuatu yang menyatakan cintanya itu, dan itu manis sekali. dia merekam di rumahnya lagu-lagu Indonesia yang dia pelajari, lalu dinyanyikannya kembali dengan baik. Hasil rekamannya bisa di download dari situsnya dan dari youtube.

Coba, kita lihat apa jawabnya kenapa dia melakukan hal itu (kusadur dari situs pribadinya) ;

“Well it’s simple…….. I love Indonesia and I love to make music. I’ve been to Indonesia many times. I like to meet Indonesian people, I like to speak the language, I like the culture, and so on.”

Beberapa lagu yang menyentuh yang dinyanyikannya lagi (video youtube) yaitu lagunya crisye sendiri lagi , Lagu Sempurna dari Ada Band dan dia menyanyikan pula lagu in memorian crisye bersama beberapa kawan Indonesianya.

Subhanallah, di sini aku melihat cinta lagi yang keluar tanpa keluhan seperti kita. Aku yakin bahwa Peter ini mengetahui secara pasti wajah Indonesia seperti apa pada masa-masa sekarang ini. BBM naik, antrian penduduk, kemacetan, kegarangan dan berbagai kepedihan melanda. Tapi dia sudah kadung cinta, dan dia bisa main musik dan bernyanyi,ya itulah yg dia berikan untuk Indonesia. Dia tidak bicara ini itu tentang indonesia, dia hanya berbuat untuk indonesia, ya lagu-lagunya itu. Seperti hakikat cinta hakiki lainnya, hanya perbuatan yang dipersembahkan. Bukan meminta-minta dilayani, hanya ingin memberi. Tentram ya kalau melihat ini.

So, inilah otokritik untuk kita orang Indonesia, Mungkin kita yang hanya sering berbusa-busa berbicara soal cinta dan kebangkitan nasional, tapi rupanya kita hanya baru tahu cinta berdasarkan terminologi semata dan sebenarnya belum berbuat apa-apa untuk yang kita cintai itu. Di beberapa tempat bahkan malah menjelekkannya dan malu mengakui ke-Indonesiaannya, dan mau berpisah darinya.

Fenomena yang aneh ya? belum membuktikan cinta, tapi sudah minta berpisah. Aku jadi ingat bait lagu sumbangnya iwan fals ;

…lusuhnya kain bendera di halaman rumah kita
bukan satu alasan untuk kita tinggalkan
banyaknya persoalan yang datang tak kenal kasihan
menyerang dalam gelap..

Mudah-mudahan bisa membuka wawasan tentang cinta. Bagi sahabat yang ingin berkunjung ke situsnya Peter Fennema, silahkan ke alamat ini http://nlpeter.nl/ dan kalau mau langsung mendengarkan hasil karyanya untuk indonesia lihat aja langsung ke sini. So, yuk cintai negara kita dengan cinta yang hakiki… jangan kalah sama sahabat kita dari belanda ini.

Iklan

4 Tanggapan

  1. wah jadi bangga neh, hehe, nice blog 🙂

  2. I really want to see Belanda. Now, i make a close realtionship with a ducth man. named is Cornelis de Haan. I reallly like to meet HIM. I want he knows about Indonesia a lot. I’ m Indonesian woman, from Makassar. Makassar have many interesting culture and folk songs. Oh ya, i wish Peter Fennema can visit my country. OK?…

  3. Oh, Thanks! Really amazing. keep working!

  4. hallo, salam kenal……..sy pengen kerja di belanda yg bs potong gaji biayanya, apa anda bs bantu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: