• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 336,141 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Jalur Sepeda Wisata di Perancis

Minggu lalu adalah long week end terpanjang di perancis. Dimulainya dari hari kamis (8 Mei – Victorie 1945), seperti di indonesia, jumat yang kejepit diliburkan juga. Hari seninnya (11 Mei – Pentecote) libur juga.  So, beberapa kawan sudah merencanakan bepergian ke tempat2 menarik, seperti madrid, vanice atau yang lainnya. Aku juga hampir dapat tiket gratis ke madrid dari kawanku yang tidak jadi berangkat, tapi sayangnya ternyata untuk mengubah nama passenger perlu biaya 3x lebih mahal dari harga tiket yang sudah dipesan 2 bulan yang lalu. Jadilah aku ke dijon ikut naik mobil julia dan keluarga yang kebetulan ada acara di sana.

Saat perjalanan pulang dari liburan ini, aku diperkenalkan national route melalui beaune oleh julia. Saat mobil kami menelusuri kanal bourgogne. Aku tertarik pada jalan kecil di sisi lain jalan raya yang ditata rapi. Sesekali aku lihat orang berjalan-jalan dan beberapa sepeda lewat di sana. Julia menjelaskan, bahwa itu adalah la route verte atau jalan khusus sepeda. Aku makin tertarik, sebab seperti yang pernah aku tulis disini bahwa di perancis ini memang disediakan jalur khusus sepeda. Dulu aku sudah menyaksikan jalur sepeda di dalam kota, nah sekarang ini adalah jalur sepeda lintas kota, telusur kanal.

Kanal adalah sungai yang dapat dilayari oleh kapal-kapal kecil yang biasanya juga menjadi rumah kedua orang-orang di eropa ini. Kebanyakan mereka ini adalah orang belanda. Disini kebersihannya amat dijaga, aku jadi ingat sungai2 di negara kita yang sering terlupakan, sedih.. padahal jika dipelihara, sungai kita bisa jadi sarana transportasi yang bisa mengurangi kemacetan di jalan raya dan sekaligus jadi obyek wisata yang menarik, karena negara kita keadaan cuacanya relatif stabil dibandingkan di eropa ini.

Kembali ke la route verte yang kita bicarakan, jalur ini berada di sepanjang kanal yang membelah wilayah bourgogne yaitu canal de bourgogne. Ada satu badan di perancis yang mengurusi jalur ini, dapat sahabat klik di voies cyclables.  Di samping ini adalah peta rute la route verte canal de bourgogne secara keseluruhan.

Jika mau ditelusuri dari kota dijon, maka canal de bourgogne terbagi atas 3 bagian yaitu kanal utara, kanal tengah dan kanal selatan.

  • Kanal utara membentang di antara Migennes-Montbard-Dijon (212 km), detilnya dapat dilihat di sini.
  • Kanal tengah membentang antara Chalon-sur-Saône à Cronat (171 km), detilnya dapat dilihat di sini.
  • Kemudian kanal selatan meliputi area Chalon-sur-Saône – Charnay-les-Mâcon (65 km), detilnya dapat dilihat di sini.

Selain itu juga di wilayah sebelah timur Bourgogne ada juga Canal Nivernais yang membentang dari Decize ke Auxerre (175 km).

Yah, menjadi semakin menarik ya? Aku semakin semangat mencari kemana sebenarnya grand design jalur sepeda cross country ini. Aku menemukan, ternyata secara nasional Perancis memiliki rencana untuk menyambungkan seluruh la route verte di wilayah perancis. Sahabat bisa lihat langsung ke situsnya di France Velo.

Lalu ternyata, bukan hanya perancis yang saja yang punya keinginan untuk itu, karena dalam pencarianku, ada juga kegiatan penyambungan jalur sepeda ke seluruh eropa yang dikenal dengan nama Euro Velo. Gambarnya desain jalurnya dapat anda lihat di bawah ini.

Pertanyaanku yang segera timbul. Kapan ya, kepala negara kita beserta kepala-kepala daerah di negara kita bisa sepakat membuat jalur sepeda di jalan-jalan propinsi kita atau di jalan2 negara kita ya? Padahal keindahan alam dan kestabilan cuaca negara kita tidak kalah bahkan lebih asyik dari keadaan di eropa ini. dan rasanya, secara historis pun bangsa kita terbiasa mengendarai kereta angin ini dalam aktivitasnya sehari-hari. Aku berharap, semoga…

Iklan

4 Tanggapan

  1. Kang, sepertinya jalan sepedah itu sudah ada antara Solo-Kartosura-Jogja, karena sewaktu di SMA dulu sering bersepeda dari Solo-Jogja. Sayang sekarang tidak ada lagi, jalur sepedanya jadi jalur lambat buat mobil.

    Jadi sekarang pemerintah Indonesia harus mikirin jalur sepedah, apalagi BBM lagi nglunjak tinggi, mari sepedah dikeluarin lagi!

    TuanSUFI : Setuju, mestinya kampanye bersepeda bisa jadi alternatif ngurangi polusi, menyehatkan masyarakat dan menghemat BBM, Hidup Sepeda !!!

  2. assalamualaikum TuanSUFI..

    dari dulu sy tertarik untuk mengenal prancis, bagaimana anda bs tnggal disana????
    anda bekerja kah???

    Melihat web ini sy jd pengen tahu lebih jauh..
    terimakasih.

    Wassalam..

    TuanSUFI : Aku di perancis ini untuk belajar. Alhamdulillah, setelah berkorespondensi dengan salah seorang profesor bidang computer vision, beliau menerima aku untuk bergabung dalam tim risetnya. Jadilah aku di sini untuk 3 tahun menyelesaikan PhD risetku. Mohon doanya semoga aku bisa menyelesaikan amanah ini tepat pada waktunya, dan tentunya terima kasih banyak telah mampir di blog ini.

  3. Punya referensi dimana saya bisa belajar bahasa perancis ? Khususnya di daerah Bogor ?

    Terima kasih

    Wslm,
    Yunita

  4. wow .. kayanya asik banget neh bisa sepeda-sepedaan di France … Se bong ??? 🙂

    Kalo pengen info jalan2 di Belanda, klik disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: