• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 335,902 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Seni Karakter – Typography Art

Di tengah warna-warni dan ketajaman resolusi foto yang semakin natural, aku ngga sengaja menemukan sebuah seni manipulasi citra yang unik. Beberapa situs menyebutnya art text , dan di beberapa situs yang lain, menyebutnya TYPOGRAPHY ART dan ASCII Art.

So, seni apa sih ini ?

Art teks atau typgraphy ini adalah seni menciptakan sesuatu dari font, kata dan karakter. Biasanya digunakan dalam layout majalah, koran atau bahan2 cetakan lainnya. Di tangan yang kreatif, karakter ASCII dapat menjadi eksklusif dari segi penampilan acaknya untuk menampilkan gambar tertentu dalam bentuk teks hitam putih. Karakter seperti :

abcdefghijklmnopqrstuvwxyz
ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ
0123456789 ;:/.?,!~#”&’_-^@)(+={}

Mungkin sahabat pernah membuka readme yang dibuat oleh para cracker software. Mereka dengan kreatifnya membuat hiasan dari teks membentuk gambar atau tekstur tertentu, yang sangat menarik.

Nah, saat ini aku mau berbicara tentang bagaimana sebuah citra foto dapat diubah ke bentuk tampilan teks yang menarik seperti gambar yang kutampilkan di bawah ini.

Jika kita membuat secara manual, tentu orisinalitas seninya semakin bernilai. Tapi tentu akan membutuhkan banyak waktu dalam pembuatannya. Secara instan, seni teks ini dapat dibuat dengan alat bantu perangkat lunak tertentu. Dalam perkembangannya kemudian aku menemukan beberapa tools converter online yang paling simple tapi mengasyikkan untuk membuat ASCII Art :

  1. Photo2text, sangat sederhana karena parameternya hanya image saja.
  2. Text-image, lebih lengkap dengan parameter Image file, lalu Characters:-Random atau Sequence (ini membuat kita bisa menentukan karakter apa yang ingin kita tampilkan, baik secara acak atau berurutan), lalu Font size, Image width dalam satuan characters, lalu setting warna dasar untuk fontnya bisa dipilih (color, monochrome, grayscale) dan begitu pula background dan tingkat kontrasnya.
  3. Ascii Convert, parameternya seperti test-image, namun ada tambahan untuk flip image horisontal dan vertikal.
  4. Toogle,  ini search image, lalu ditampilkan dalam bentuk ASCII Art.

Kalau masih belum puas juga, sahabat bisa juga mencoba perangkat lunak konversi image ke text. Googling di dengan keyword art text atau image to text akan mengantarkan ke berbagai repository software jenis ini. Atau kalau ngga mau capek2, silahkan ke graphic-desain dan artext yang sudah aku temukan untuk dicoba oleh sahabat semua.

Nah, kemudian kalau sahabat semua pecinta firefox, add-on untuk konversi citra ke teks juga tersedia. Ulasannya bisa di baca disini. Firefox extension ini dibuat oleh Photo2Text.com untuk transformasi citra foto ke karakter yang menarik. Untuk add-on nya bisa sahabat download disini.

Ok, cukup perkenalannya, akhir kata, “selamat mencoba!

Iklan

Satu Tanggapan

  1. download software nya dimana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: