• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 346,140 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Toilet di Perancis

Kali ini bicara tentang tempat paling penting sedunia. Yah, tentang toilet, yang menjadi begitu pentingnya ketika dibutuhkan dan mendadak terlupakan setelah hajat disalurkan. Di Perancis ini, seperti juga toilet standar eropa lainnya kebanyakan adalah toilet kering. Air dikeluarkan dengan sangat hemat, biasanya hanya untuk mencuci tangan. Sedangkan untuk membasuh atau mengelap (maaf – red) kotoran, disediakan tissue roll (di tanah air, tissue ini malah dipake untuk tissue makan… 😉 ). Selain itu juga ada mesin pengering tangan dan tissue untuk mengelap dudukan toilet supaya kinclong.

Keadaan ini tentu bagiku pribadi, yang terbiasa menggunakan air untuk membersihkan menjadi tantangan tersendiri, bagaimana aku tetap dapat membersihkan diri (bahasa agamanya ; istinja’) sembari tetap menjaga supaya cipratan kotoran2 itu tidak mengenai pakaianku. Strategiku, sebelum masuk ke toilet, aku mengambil banyak2 tissue lalu di kubasahi di westafel kemudian aku bagi2 jadi 4 atau 5 bagian, dan kupergunakan untuk membasuh kotoran (Atau sih kalo mau lebih mudah selalu bawa aja tissue basah sendiri). Setelah terbasuh, baru kupergunakan tissue roll yg kering.

Nah, kalau bicara tentang publik toilet di perancis, kita akan mudah menemui di gedung-gedung perkantoran atau pertokoan, atau bahkan di taman-taman, dipinggir jalan atau pusat massa seperti stasiun dsb. Toilet umum ini ada yang gratis dan ada juga yang berbayar, ada yang ada penjaganya, ada juga yang otomatis. Ada yang memakai coin khusus atau langsung menggunakan coin 20 atau 50 sen.

Normalnya toilet umum ini buka pukul 6 pagi sampai 22 malam. Toilet yang baru, biasanya dilengkapi akses untuk orang cacat, atau disediakan toilet khusus untuk orang cacat. Kalau tidak cacat, anda jangan nyoba2 masuk toilet khusus orang cacat walau sudah kebelet.

Khusus untuk toilet elektronik, rata2 waktu penggunaannya maksimal 15 menit. Jadi jgn terlalu lama di toilet, sebab begitu waktunya habis, pintu toilet akan terbuka sendiri. Nah, dipintu toilet biasanya ada panel indikator occupied (sedang digunakan), lalu ada panel flushing atau sanisette (ketika toilet sedang pembersihan otomatis) dan panel libre (bisa digunakan). Jika indikator Libre menyala, kita baru bisa menekan tombol entree untuk masuk ke toilet. Di dalam toilet, lakukan ritual seperti biasa (tapi sambil ingat2 waktu yah..), keran biasanya otomatis, letakkan aja tangan di depan keran, air akan keluar sendiri, atau ada juga tempat untuk keluar sabunnya sekalian, tinggal letakkan tangan di tempat itu dan sabun akan keluar sendiri. Selesai semuanya, rapihkan pakaian anda lalu keluar. Sisa-sisa kotoran akan dibersihkan otomatis begitu kita menutup pintu dari luar, ditandai dengan panel indikator sanisette yang menyala. Proses pembersihan biasanya antara 1 s/d 2 menit.

Nah, sahabat. inilah pengalamanku lagi di Perancis. Untuk melengkapi pengetahuan, iseng2 aku cari di web info tentang toilet, dan menemukan situs komunitas Toilet Zone yang isinya berbagai gambar dekorasi toilet, lalu kalau mau tahu bagaimana membangun toilet dan serba serbi teknik per-toilet-an, saya menemukan situs toiletology. Lalu kalau sahabat mau lihat teknologi terakhir toilet otomatis seperti apa, klik aja ke produsen toilet otomatis dari Jerman WALL, dan terakhir, kalo mau lihat standar rancangan toilet di australia saya menemukan ini. Oke, selamat ke toilet.

_____________

Beberapa Ilustrasi gambar di ambil di http://tzcommunity.free.fr/ dan http://europeforvisitors.com/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: