• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 314,199 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Tempat Menarik di Paris – Notre Dame

1. Notredame

Di Eropa, yang namanya Notre dame itu adalah salah satu bangunan utama di sebuah kota besar, yang hampir selalu ada bersama center ville. Terakhir yang kulihat adalah di kota dijon. Bangunan ini adalah bangunan gereja yang didesain dengan berbagai patung-patung di sekelilingnya dan dengan berbagai ornamen yang beranekaragam bentuknya. Notre dame yang aku lihat di paris ini, patung dan ornamennya megah dan bagus-bagus. Bentuk manusianya sempurna dan berpakaian kerajaan yang mewah. Bahkan di depan Notredame paris ini ada patung raja berkuda dituntun oleh dua orang pembantunya.

Hal ini sangat berbeda dengan Notredame yang ada di dijon, bangunannya tidak setinggi seperti yang di paris ini, dan di ornamennya tidak seindah di sini. Notre dame di dijon dihiasi ornamen dan patung yang mengerikan di semua sisinya. Seperti menggambarkan setan dan makhluk-makhluk yang tidak baik. Mungkin semua itu ada sejarahnya masing-masing, suatu saat nanti aku akan coba mencari kenapa ornamennya harus seperti itu. Atau di antara pembaca mungkin sudah ada yang tahu? silahkan di share di sini.

Namun ada kesamaan yang menarik. Bangunan notredame yang tingginya tidak standar dibandingkan bangunan-bangunan di sekelilingnya ini amat disukai oleh burung-burung merpati. Hewan2 ini jadi satu hiburan sendiri, ketika ratusan dari mereka menghampiri kita yang sedang duduk-duduk makan roti. Selain itu juga, dalam cuaca yang cerah, banyak pemusik yang menghibur kita dengan bermacam alat mu sik seperti terompet, gitar dan sebagainya.

Sayangnya, seperti juga di indonesia, di sekitar bangunan ini juga ada peminta-minta. Mereka ini berbahasa inggris, tapi patah2, dan selalu menggunakan kata pembuka, “Do you speak english, monsieur?” sambil menunjukkan tulisan kecil bahwa dia adalah seorang yatim piatu yang orangtuanya meninggal dunia karena konflik politik di negaranya. Dan hebatnya mereka terorganisir dengan baik, dan cepat berpindah dari suatu tempat ke tempat lainnya, tergantung “ramai” (= besar kemungkinan yang ngasih derma) atau tidaknya suatu tempat. Semuanya terserah anda, mau memberi atau tidak. Tapi orang-orang seperti mereka ini, turut mewarnai pariwisata di paris.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: