• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 190,830 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • Aha…

    IP
  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Tempat Menarik di Paris – Menara Eiffel

2. Menara Eiffels

Nah, inilah iconnya paris. Dari notre dame sekitar 25 menit jalan kaki menyusuri sungai seine yang membelah paris. Tapi kami menempuhnya selama 50 menit, karena di setiap tempat yang kelihatan unik, kami selalu berhenti. Dan di paris ini,hampir semua tempat itu sangat menarik. Bangunan yang artistik, taman yang menawan, transportasi terpadu yang dilihat pun asyik. Di setiap tempat kita akan menemui bangunan2 yang usianya ratusan tahun dan dipelihara dengan baik.

Beberapa bangunan yang kami lewati yaitu insitute de france (di depannya ada patung ilmuan perancis condorcet), diseberang sungainya ada musee du louvre, lalu ada bangunan musee d’orsay berhadapan dengan darmaga tempat wisata perahu, kemudian kurang lebih 100 meter kemudian ada bangunan Assemble Nationale palais bourbon yang berhadapan dengan place de la concorde dan dari concorde ini di kejauhan bisa kita lihat palais de la madeleine. Berjalan sekitar 50 meter lagi, kami melihat pula musee de l’armee yang berhadapan (tapi agak jauh) dengan grand palais. Bangunan-bangunan yang kusebutkan ini, kalau malam hari diterangi dengan cahaya2 lampu khusus yang membuat terlihat sangat artistik. Sebelum kami memasuki wilayah menara eiffel, kami melewati bangunan musee du quai branly. Mulai dari trotoar, museum ini dipagari dengan kaca tembus pandang yang tinggi sekali.

Di sekitar wilayah eiffel, kalau kita mau tarik garis yang tegak lurus dengan sungai seine ada bangunan palais de chaillot CINEAQUA di sisi barat daya dan sisi yang satunya ada bangunan ecole militaire, kemudian kalau pandangan mata kita teruskan di kejauhan ada bangunan hitam menjulang yaitu galeries lafayette, salah satu pusat mode di Paris. Lalu kalau kita tarik garis lurus sekali lagi ke arah utara menara eiffel, kita bisa melihat bangunan Arc de triomphe etoile yang legendaris.

Nah, sekarang kita coba masuk ke menara eiffel. Pintu masuk ada pada 4 tiang yang menunjang menara. Begitu kami tiba pukul 13 siang, orang2 sudah mengular di 3 tiang, pintu masuk pada salah satu tiang tidak dibuka. Lalu kami memillih yang antriannya lebih pendek yaitu pintu tiang timur.
Tiket bisa booking dari internet atau biro perjalanan, atau beli langsung. Ada 3 jenis tiket, yaitu tiket lift sampai tingkat pertama 4,8 euro, tingkat kedua 7,8 euro dan tiket untuk lift ke puncak menara 12 euro. Aku bersama teman2 langsung menuju puncak menara eiffel. lift dari ground (kapasitas 40 orang) cuma sampai tingkat ke-2, lalu kita harus ganti lift yang lebih kecil lagi (kapasitas 15 orang) untuk ke puncak menara.

Di puncak menara ada 2 lantai, di lantai bagian bawah ada koleksi bendera negara-negara di dunia beserta jaraknya, disusun sesuai dengan lokasi negaranya. Sebagai contoh, bendera negara kita ada di antara pilar timur dan pilar selatan, jaraknya 11ribuan kilometer. Nah, bagian terbaiknya ada di lantai bagian atas, kita bisa melihat segala penjuru kota paris, dan juga kita bisa melihat diorama waktu sir eiffel membuat menara ini. Di sinilah kemudian aku bersama teman2 menghabiskan ratusan foto digital kami. dan yang terpenting di lantai inilah aku menemukan toilet! Alhamdulillah…

dari puncak eiffel, kami kemudian turun ke tingkat 2, tingkat pertengahan dari menara eiffel, ada restauran dan tempat istirahat di sini. Setelah mengambil beberapa foto puncak eiffel dari lantai ini, aku kemudian nyoba turun melalui tangga menuju tingkat ke-1.

Di tingkat kesatu lebih luas lagi areanya. Selain terdapat restauran dan toko-toko souvenir, di salah satu sudut pilarnya terdapat beberapa simulasi fisika perhitungan2 untuk menara eiffel, lalu ada viewer untuk anak-anak mendengarkan kisah-kisah menara ini. Lalu di sisinya yang lain aku juga menemukan model mekanik penggerak lift dalam bentuk yang lebih kecil. Very interesting.

Akhirnya, setelah kurang lebih 3 jam di menara eiffel, kami menyudahi kunjungan kami. Sensasi menara ini memang luar biasa, bahkan di setelah kami sampai bawah pun dan meninggalkan menara itu, tak henti2nya kami mengambil foto.

Oh ya, di lantai kedua dilihat dari gound, aku melihat ukiran tulisan nama-nama ilmuwan perancis, berputar di seluruh arah. Ini sesuatu yang menarik, yang menunjukkan bahwa warga perancis amat respek terhadap ilmu pengetahuan. Mungkin agak sedikit berbeda di kita ya, dimana justru nama2 yang terukir di monumen2 adalah nama2 penguasa. Bahkan untuk nama tanaman padi atau hewan bebek unggul saja pakai nama penguasa. Pantesan aja para peneliti kita tidak semangat, soalnya penguasanya memaksa minta dikenang dengan cara seperti itu (ironi yang membuat kita mengurut dada…).

Begitulah perjalananku lagi, koleksi foto lengkap bisa dilihat di sini, dan tentu saja bisa juga dikomentari.

14 Tanggapan

  1. Aduh kapan ya bisa poto disana seperti dirimu :)

    Insya Allah mungkin akan tiba saatnya, Akh Landy. Kehebatan bangunan dalam ceritaku ini adalah salah satu silaunya nikmat dunia. Saya merenung banyak di sini, jika yang dunia saja begitu memukau, apalagi yang di akhirat nanti.

  2. Gimana kehidupan masyarakat muslim di sana..tempat sholat jum’at…makanan yang halal…dsb

  3. ehm,,,,
    gmna yach??????????????
    mungkin dsna jg ada fasilitas buat muslim,,,
    parce-que yang mpiet tau saat ini agama islam pun berkembang cukup baik disana,,,

    tp klo soal makanan ga tau jga yach,,,
    hehe,,,,

    mpiet kan lum prnah k prancis,,,

    doain aj yach mudah2an bsa ksampean kesana

    hehe,,,,

  4. seru banget mas..kapam yach aq bisa ke sana….

  5. menarick yeah gw juga pengen hehehehe

  6. hi….gw taon depan mo kesana ni

    cuti……… he he he

  7. setelah saya membuka blog tuan sufi, sungguh sangat menarik, saya hanya bisa mendoakan semga tuan sufi dlm kondisi baik n sehat, dan tidak tertipu dengan mewahnya negara orang, doain yah tuan biar aku bisa kunjungan kesana!

  8. setelah saya buka halaman tentang tuan sufi, rasanya saya ingin banget ke Paris.

    Pasti seru banget yaw…….

    Gimana sich kehidupan muslim di sana.????
    Ada pa gak orang muslim di sana.?????

  9. ramai x org muslim kat sana?…
    saye rase nak sangat pergi ke paris…
    insyallah saye dpt ke sn…

  10. ass..wah asyik banget yach di paris…kapan juga saya bisa ke sana…bgm kehidupan muslim di sana abi…

  11. Hi, this weekend is fastidious in favor of me, since this moment i
    am reading this great informative article here at my home.

  12. Having read this I believed it was really enlightening.
    I appreciate you taking the time and effort to put this
    information together. I once again find myself spending a lot of
    time both reading and posting comments. But so what, it was still worth
    it!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: