• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 314,466 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Dunia Serba Portable

Ini sebenarnya melanjutkan hobi mengoleksi peralatan portable. Sejak SMP dulu, aku sangat senang dengan pisau lipat Victorinoc Swish yang berisi macam-macam tools, aku bilang ini hebat…, karena dalam satu paket ada bermacam-macam kegunaan. Kemudian kalau pun aku membeli peralatan elektronik selalu mencari yang portable, dengan alasan dapat dipindahkan dengan mudah kemana-mana dan desainnya tidak banyak memakan tempat.

Maka kemudian telpon genggam yang sudah portable pun aku menggantinya dengan PDA, karena PDA kegunaannya lebih luas dari pada sekedar nelpon, bisa dipakai ngajar di kampus, bisa baca e-book dan yang terpenting adalah bisa di kostumisasi.

Lalu gadget lainnya seperti kamus alfalink-ku pun kupilih yang multi fungsi mulai dari kamus, buku alamat, mp3 player, game, FM radio, recorder dan lain sebagainya.

Masih belum puas, saat aku beli camera digital, aku pun memilih camera multi fungsi, yang bisa mengcapture foto digital dengan mega pixel yang lumayan, bisa merekam movie, bisa jadi MP3 player, bisa jadi alat rekam, tapi kecil, ringan dan mudah dikantongi, jadilah aku memilih creative Divi-cam 525D.

Nah, seiring dengan perkembangan pengetahuan, di bidang perangkat lunak aku pun mencari koleksi software yang tentunya portable dan mencakup fungsi yang cukup luas. Aku kemudian menemukan se-bundle software aplikasi portable tanpa instalasi yang bisa kusimpan dalam flash disk-ku, sehingga bisa kerja dimana pun, tanpa harus menuntut rental komputer atau komputer yg kupakai ada software yang dibutuhkan atau tidak. Software bundle ini dikenal dengan istilah Portable Application. Silahkan klik disini kalau anda mau coba.

Sampai disini aku masih belum puas juga, fokusku diarahkan untuk bagaimana membuat flash disk-ku atau harddisk protable-ku bisa berisi operating sistem yang portable juga. Kebetulan saat-saat itu lagi booming-booming nya live CD. Aku kemudian berkutat bereksperimen untuk membuat implementasi live CD ke live USB. Untuk linux sangatlah banyak resourcesnya, namun untuk windows ternyata tidak begitu mudah membuatnya, sampai kemudian aku berkenalan dengan Bart’PE. Dengan tools ini membuat window booting dari usb menjadi lebih mudah.

Nah, kini untuk linux pun sudah tidak sepanjang dulu lagi langkahnya untuk membuat live dalam usb portable anda, aku baru-baru ini menemukan situs Pen Drive Linux, yang berisi cara-cara mudah membuat flash disk atau harddisk portable anda memiliki operating sistem. Aku coba beberapa distribusi disana (OpenSUSE, ubuntu 8.04, Pendrivelinux 2008, MiniME 2008, Mandriva, backtrack, MCNLive Toronto) , dan ternyata instalasinya sangat mudah dan menarik (thanks to the team..). Anda hanya perlu kapasitas di bawah 1 GB, sudah bisa menjalankan operating sistem dari portable USB. Dan kemudahan lainnya, proses instalasinya bisa juga dilaksanakan dalam mesin windows. Kini, dari sekian banyak yang distribusi yang ditawarkan, aku merasa cocok dengan distribusi gOS, sederhana tapi lengkap.

Sampai di sini aku sedang menikmati portabilitas OS ini bersama aplikasi-aplikasinya. Bagi sahabat yang belum mencoba, silahkan mencoba, ini semua free alias opensource… aman.

Satu Tanggapan

  1. Informasinya cukup bermanfaat.
    Thanks 4 share…!!

Tinggalkan Balasan

