• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 304,857 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Festival des Giboulees (baca : Jibule)

Fragment kesatu

Kini adalah akhir bulan maret, akhir dari musim dingin. Samedi memang sesuatu yang ditunggu-tunggu. ini bukan nama orang jawa, tapi adalah nama hari pertama week end, yaitu saturday atau sabtu dalam bahasa perancis. Setelah sholat shubuh biasanya aku tertidur sebentar untuk kemudian bersiap-siap membeli buah2an atau bahan makanan di pasar arab. Nah, jendela penutup luar pun aku biarkan terbuka supaya saat matahari bersinar, cahayanya segera masuk ke kamarku dan tepat jatuh dimukaku membangunkanku.

Namun pagi ini, lain cerita. Salju turun deras, begitu aku terbangun dan melihat ke luar, semuanya sudah putih, jalanan, pepohonan. Butiran-butiran salju sebesar2 ibu jari seperti kapas berjatuhan dari langit, dan segera memenuhi semua area yang semakin lama semakin menebal. Jadilah aku tidak jadi keluar apartemen dan hanya melihat cuaca itu dari dalam apartemenku, dan tentunyq tidak jadi beli ayam bakar halal di pasar arab. Terlalu beresiko, dari pada benjol kepeleset, lebih baik masak indomie aja deh… hiks..

Fragment kedua

Keesokan harinya kemudian, sepulangnya aku belanja keperluan makanan bersama zooran, suhu udara hari ini walaupun tidak turun salju, sangat dingin sekali. Waktu menunjukkan pukul 19.20, dan hujan rintik2 mewarnai kota le creusot. Aku melihat ramai sekali di chateu Verrerie, orang-orang berpakaian olah raga rupanya baru memulai kegiatan maraton dalam rangka rangkaian festival Geboulees untuk tahun ini. yah… siapa yg bisa menebak cuaca? penentuan waktu untuk acara maraton hari ini sudah direncanakan jauh2 hari, tapi cuaca justru memburuk dalam dua hari ini, (kemarin turun salju dan hari ini gerimis berangin dan sangat dingin). Tapi antusiasme warga tetap saja tinggi, mungkin mereka berfikir seperti orang2 kita berfikir; untung hari ini ngga turun salju. Tapi untukku sendiri, ngga deh… ngapain lari2 ditengah cuaca seperti ini.

Fragment ketiga

Di suatu pagi yang lain, seminggu setelah kejadian di atas, seperti biasa tugas rutin harian, aku siap2 berangkat ke labo. Beberapa hari ini suhu udara sudah seperti suhu di cisarua, bogor. Matahari bersinar, keadaan sangat cerah, nikmat sekali. Oleh karena itu pagi ini pun aku siap2 ke labo dengan hati yang cerah juga.

Namun ketika kubuka jendela, AKU TIDAK MELIHAT APA-APA DALAM RADIUS 3 METER !!! Hari ini berkabut sangat tebal. Luar biasa, pengalamanku pertama melihat kabut yang seperti ini. Walau pun dulu sering aku bawa mobil di puncak dalam kondisi berkabut, tapi belum pernah aku melihat kabut yang sepekat ini. Terpaksa aku mengurungkan niat berangkat ke labo dan duduk bengong di depan jendela menunggu kabut mereda.

****

Fenomena ini berlangsung terus sampai hari ini, berganti-ganti cerah, mendung, berkabut dan bersalju. Yah, inilah pengalamanku lagi menghadapi cuaca yang radikal di negeri Napoleon. Giboulee sendiri adalah istilah untuk perubahan cuaca yang biasanya terjadi pada akhir musim dingin, saat perubahan menuju musim semi. Kadangkala kita merasa sudah ada di musim semi, tapi tidak lama kemudian suhu menjadi minus kembali. Suasana seperti ini pun bahkan bagi teman2 asli perancis bila tidak menjaga kesehatannya akan sakit juga. Buktinya di Labo beberapa kawanku perancis asli, juga kena batuk dan pilek. Nah, oleh karena itulah aku berusaha keras menjaga makanku, istirahatku, disamping terus berolahraga bulutangkis dan judo supaya tetap fit. Kalau tidak perlu-perlu sekali, aku tidak akan berjalan2 di lingkungan lebih baik di sekitar flat aja, sekedar berkunjung ke teman2 master vibot. Atau kalaupun terpaksa jalan2 lebih baik tetap memakai kostum dinginku, bawa sarung tangan dan penutup kepala. Bayangkan saja, pagi bisa cerah, siangnya bisa sangat dingin… aneh ya?

Tinggalkan Balasan

