• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 304,624 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Tes Kesehatan untuk orang asing di Perancis

Masih ingat saat aku mengurus izin tinggal di MARIE dulu ? Setelah mendapatkan convocation aku disuruh kembali sekitar 3 minggu lagi untuk mendapatkan resepisee, yaitu surat keterangan kependudukan sementara sebelum aku mendapatkan titre de sejour. Saat waktunya tiba, ternyata resepisee ku belum dikirim oleh perfecture di Macon, sehingga kemudian convocation ku diperpanjang selama 2 minggu. Tapi kemudian aku cek 3 hari setelah itu, ternyata resepisee-ku sudah dapat diambil. Ini tandanya aku sudah terdaftar sebagai penduduk imigran di negeri perancis, yang menggantikan fungsi visa-ku yang hanya berlaku 3 bulan saja.

Nah, 4 hari kemudian, di kotak surat apartemenku ada surat panggilan dari ANAEM (Agence Nationale de l’Accueil des Etrangers et des Migrations), yaitu suatu badan pemerintah perancis yang mengurusi orang asing yang tinggal di perancis. Isinya adalah surat panggilan untuk melakukan visite medicale dan surat pernyataan yang harus ditempel materai khusus kependudukan (ANAEM atau OMI) senilai 55 euro.

Nah, tanggal 25 Maret yang baru lalu aku berangkat dari le creusot ke kantor ANAEM yang berada di kota dijon untuk melakukan tes kesehatan. Untuk keperluan administrasi, aku diminta membawa :

  1. surat panggilan visite medicale
  2. Passport
  3. Resepisee
  4. dokumen vaksinasi (opsional)
  5. dokumen kacamata dari dokter mata (opsional)
  6. dokumen keterangan punya anak khusus wanita (opsional)

Begitu datang oleh resepsionis, dokumen2 tersebut diperiksa kelengkapannya, kemudian aku dipersilahkan menunggu di ruang tunggu. Lalu kemudian aku dipanggil masuk ruangan untuk wawancara mengenai kesehatan, dimulai dengan menanyakan nama, kapan tiba di perancis, untuk apa tinggal di perancis, lalu bagaimana kebiasaan makan dan tidur, apakah merokok atau minum alkohol, apakah selalu minum obat-obatan kalau punya penyakit yang menahun atau tidak dan bagaimana olahraganya, rutin atau tidak. Wawancara ditutup dengan mengukur berat dan tinggi badan lalu tes mata.

Setelah  itu, oleh paramedik yang mewawancaraiku tadi, aku diantar ke ruangan x-ray. Di sana ada petugas lain lagi yang kemudian menyiapkan aku untuk foto rontgen di dada. Tidak sampai 5 menit, foto itu sudah siap dan petugas rontgent tadi mengantarku menemui dokter di ruang periksa.

Di tempat dokter, kembali dokter memverifikasi data administrasi tadi, lalu memeriksa foto hasil rontgen. Rupanya dia mencari tanda-tanda TBC di paru2, alhamdulillah ternyata hasil rontgen-ku tidak ada masalah. Dokter juga kemudian mengukur tensi, dan dengan stateskopnya memeriksa detak jantung depan belakang tubuhku, memeriksa tenggorokanku dan ujung mulutku. Aku ngga ngerti ada info apa di ujung lidahku (yang tahu boleh kasih komentar). Setelah itu, selesailah semua, dokter tadi segera menandatangani surat Sertificate Visite medicale dan mengantarku ke resepsionis kembali.

Resepsionis memberikan 2 lembar surat keterangan sertificate visite medicale tadi, yang satu untuk disimpan dan yang satu lagi untuk dikirimkan ke perfecture bersama surat pernyataan yang  bermaterai 55 euro tadi. Total pelayanan antara 10-15 menit.

Sampai disini, langkahku untuk mendapatkan titre de sejour semakin dekat. Begitulah, pengalamanku lagi di perancis ini, semoga ada manfaatnya.

2 Tanggapan

  1. Disuruh buka mulut sama dokter mo dilihat habis makan apa ?

  2. Suami saya orang algeria yang stay and bekerja di france dia punya resident paper, saat ini saya masih di jakarta, dia rencana mau bawa saya kesana, saat ini sedang process by anaem, kira2 berapa lama sih processnya, tgl 14 may dia masukkan file, tgl 7 juli anaem sudah survey ke rumahnya, hanya tgl perbaiki wcnya sedikit lalu laporan ke mereka lagi, selanjutnya apa processnya, tolong bantu ya, sepertinya anda berpengalaman, terima kasih sebelumnya, takecare, bye

Tinggalkan Balasan

