• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 314,667 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Ayo ke Laundry di Perancis

Salah satu kegiatan akhir pekan yang menjadi keharusan adalah mencuci pakaian. Kalau cuciannya tidak terlalu banyak, ya kita lakukan sendiri di flat dengan tangan lalu di jemur di sekitar pemanas udara dalam waktu 2-3 jam. Ya, setidaknya sebelum aku beli mesin cuci sendiri, itulah yang biasanya kulakukan.

Akhir pekan ini, aku bersama kawanku mencoba sesuatu yang lain, yaitu mencuci pakaian ke laundry. Di le creusot ini, kita melakukannya semua secara otomatis. Dari flat kita harus bawa sabun cuci bubuk sendiri, dan tentu jangan lupa bawa baju kotornya. Sesampai di laundry, ada berbagai macam mesin cuci dengan berbagai kapasitas dan harganya yang berbeda-beda. Mulai mesin cuci yang berkapasitas 5-6 kg seharga 4 euro, lalu 7 kg seharga 5 euro, 10 kg seharga 7.5 euro , 16 kg seharga 8.5 euro sampai mesin cuci dengan kapasitas 22 kg dengan harga 9.8 euro untuk sekali cuci. Masing-masing mesin cuci ada pilihan jenis pakaian yang hendak dicuci apakah itu pakaian blanc, coleur, synthetique, nylon dan lainages.

Hal yang pertama kita lakukan adalah memilih mesin cuci yang sesuai dengan kapasitas pakaian yang akan kita cuci, saat itu kami memilih yang kapasitasnya 7 kg. Uang 10 euro kemudian kami masukkan ke mesin pembayaran, dan seketika itu pula keluar kembalian 3 euro logam dari mesin tersebut. selesai membayar kita aktifkan mesin cuci dengan menekan tombol nomor mesin cuci pada mesin pembayaran tersebut.

Selanjutnya adalah memasukkan baju ke dalam mesin cuci, lalu memasukkan sabunnya di tempat sabun yang sudah disediakan di bagian atas mesin cuci tersebut. Ada 3 tempat memasukkan sabun (A,B,C), tergantung jenis pakaian yang kita cuci. Misalnya untuk jenis blanc, coleur dan synthetique, kita masukkan sabun di A dan B dan untuk jenis pakaian nylon dan lainages cukup masukkan sabun di B & C saja. Ini sih tergantung mesin cucinya ya, yang penting sahabat semua perlu lihat petunjuk yang biasanya ditempel di laundry tersebut untuk penggunaan sabun ini. Nah, setelah ini barulah kita tekan tombol pilihan berapa lama pakaian dicuci, ini juga tergantung jenis pakaiannya ya, untuk mencuci pakaian blanc, coleur, synthetique pilih yang 40 menit atau untuk mencuci pakaian nylon dan lainages ya pilih yang 30 menit. Setelah ini, ya silahkan jalan2 dulu, karena kalau nunggu di sana doang bikin BT. Atau ya jangan lupa bawa buku bacaan untuk mengisi waktu. Yang kami lakukan ya saat itu jalan-jalan aja, sebab udara sudah 2 hari terakhir ini sangat buruk (bersalju dan duingiin sekali…) jadi kalau duduk diam, kerasa bener dinginnya, lebih baik bergerak biar agak hangat.

Nah, setelah pakaian selesai dicuci, maka kita perlu melakukan pengeringan di mesin pengering (sechoir). Caranya ya kita harus ke mesin pembayaran lagi untuk memasukkan koin 1 euro lalu menekan tombol aktifasi mesin pengering yang akan bekerja selama 13 menit. Menurut pengalaman temanku, paling tidak butuh 2 euro untuk mengeringkan baju antara 5-7 kg (ya sekitar 26 menit pengeringan).

Nah, semua hal di laundry sini dilakukan secara mesin. Aku tidak pernah menemui pemilik laundry berada di laundrynya ini, kecuali saat dia mengambil uang2 pembayaran di mesin pembayarannya itu. So, mudah2an postingan ini bisa jadi pedoman singkat bagi sahabat2 yang mau nyunci di laundry otomatik di perancis ini. Soalnya untuk pertama kali tentu kita bingung juga harus ngapain di mesin cuci. Kemudian tentunya sahabat semua perlu menyediakan uang pas untuk pembayaran laundry ini, karena mesin pembayaran hanya menerima uang kertas 5, 10 dan 20 euro serta uang logam 20 sen, 50 sen, 1 euro dan 2 euro. Jadi selalu siapkan uang2 senilai itu.

Ok, selamat mencuci…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: