• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 304,624 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Mengamati arah kiblat Masjid-masjid di sekitar rumahku

Disclaimer : Ini hanyalah pengamatan terhadap data. Bukan suatu penelitian yang benar-benar detil terhadap sudut arah kiblat dari masjid-masjid sekitar rumahku di Bogor, yang dilihat melalui citra satelit memanfaatkan engine google map melalui situs http://rukyatulhilal.org/qiblalocator/ dan http://www.qiblalocator.com/. Aku tidak bermaksud mengundang perdebatan yang mengarah kepada perpecahan jamaah, tapi hanya menunjukkan adanyanya suatu metode mudah mengukur arah kiblat hasil karya Ustadz Mas’ud, dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi internet.

Awalnya tentu aku akan tunjukkan dulu, lokasi Ka’bah, Makkah

  • Latitude 21.4227
  • Longitude 39.8261
  • Qibla Degrees 0° N
  • Qibla Distance 0 km

MUSALLA AL I’TISHAM

Nah, sekarang aku akan mulai melihat ke Musalla Al I’tisham. Inilah awal dimana kaum muslimin di lingkunganku di komplek Budi Agung, bogor berkolaborasi untuk membangun rumah ibadah sekitar 20an tahun yang lalu. Prosesnya sangat panjang, bagaimana kemudian melalui niat ini bersatulah kami semua dalam satu visi ukhuwah yang tidak membeda-badakan lagi mana penduduk pendatang, maupun penduduk asli. Ada yang mewakafkan, ada yang membangun fisik, bahu membahu. Penentuan kiblatnya waktu itu pun (kalau tidak salah) diukur dengan 4 metode, dan hasilnya ternyata bisa kita saksikan di bawah ini.

Kotak kuning adalah musalla al I’tisham, dan garis merah adalah arah ka’bah. Sayangnya memang data spatial gambar dari google earth untuk wilayah ini tidak bisa di zoom lebih lanjut, dan kualitas foto satelitnya terhalang awan tipis. Tapi untuk ukur-ukuran kasar dari melihat gambar itu saja, arah kiblatnya sudah tepat. Tapi kalau aku perhatikan lebih detil di situsnya langsung, arah itu perlu digeser ke kanan (tenggara) antara 0 s/d 1 derajat untuk presisinya. Tapi rasanya ngga ada masalah, karena secara keseluruhan Musalla al I’tisham sudah mengarah ke ka’bah. (tapi sekali lagi, ini pendapat pribadi. lihat kembali disclaimer di atas).

MASJID AL I’TISHAM

Kemudian di lingkungan kami juga ada masjid Al I’tisham. Namanya memang sama dengan Musalla, karena masjid ini pun merupakan perluasan visi awal pembangunan Musalla dulu yang hanya didirikan untuk mencover area kecil saja. Maka, begitu masyarakat membutuhkan sebuah masjid yang meng-cover seluruh wilayah kompleks dengan 600-700 rumah, kembali visi ukhuwwah itu terwujudkan. Kami waktu itu bahu membahu mendirikan masjid ini. Dan saat ini, sudah sekitar 12 tahun berdiri. Posisi Masjid yang berada di blok persegi yang dikelilingi oleh jalan, tidak bisa diubah arahnya pada pembangunan pertama kali dulu. Maka kemudian disepakati biarlah masjid ini mengikut persegi ruang tanah itu, nanti arah kiblatnya akan diatur kemiringannya dengan presisi pada saat pemasangan karpet shaf demi shaf. Proses pengukuran pada awalnya itu dilakukan dengan teliti, dan kurang lebih sekitar tahun 2000 di ukur ulang untuk lebih meyakinkan lagi. dan memang, kalau kita lihat dari citra satelit google map, arah kiblat membentuk sudut yang cukup besar, seperti yang terlihat di bawah ini. Kotak kuning adalah dimensi bangunan masjidnya dan garis merah adalah arahnya ke ka’bah.

Tapi di dalam masjidnya sendiri, menurut anggapanku, shaf-nya rasanya sudah semiring itu, karena proses pengukurannya sudah beberapa kali diulang untuk mendapatkan ketepatan arahnya.

Nah, dengan cara ini, kita mendapatkan satu cara praktis lagi menentukan kiblat kita. Setelah didapatkan koordinatnya dari google ini, anda bisa menggunakan bantuan kompas lainnya atau melakukan perhitungan sudut arah kiblat dari bangunan tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat tulisanku disini.

itulah…
Menarik ya.

Satu Tanggapan

  1. assalam.
    alamat webnya apa ya untuk lihat denah / atlas di internet wassalam.

    TuanSUFI : Wa alaikum salam, mas tatang. salam kenal. Untuk melihat peta di internet bisa ke http://maps.google.com/ atau http://maps.yahoo.com/. Semoga dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: