• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 328,422 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

MENGURUS DOKUMEN KE MAIRIE

Setelah kontak awal dengan pemerintah Perancis dilakukan sebelum berangkat dahulu  dengan mengurus visa di kedutaan besar Perancis dilakukan (baca disini ; syarat-syarat mengurus visa ke perancis). Maka yang kutulis ini adalah kontak yang kedua dengan pemerintahan Perancis.

Inilah yang harus dilakukan pertama kali ketika kita baru datang ke sebuah negara. Tentunya kita harus lapor kedatangan di kedutaan negara kita setempat, kalo diperancis ini ya di KBRI Paris di jalan contambert. Kita akan memberikan passport kita untuk dicap dan ditandatangani. Lalu kemudian kita akan menuju kota tempat kita tinggal kita. Tentu untuk yang cuma berkunjung di bawah 3 bulan, rasanya cukup lapor ke KBRI saja, tapi untuk pelajar atau mahasiswa yang memang akan tinggal di atas 3 bulan, maka lapor ke bagian kependudukan (di sini namanya perfectur) wajib hukumnya. Pengalaman saya di le creusot, perfecturnya ada dilain kota, sehingga kepengurusan administrasi dilakukan di kantor Mairie (walikota).

Nah, ada baiknya jika semua berkas yang dibutuhkan untuk mengurus administrasi ini sudah disiapkan sejak jauh-jauh hari, kalau bisa bahkan ketika masih di tanah air. Beberapa berkas utama seperti akte kelahiran, kartu keluarga, akte nikah (untuk yang sudah menikah), dan keterangan beasiswa atau keterangan siapa yang membiaya sekolah kita itu sebisa mungkin kita bawa aslinya dan sudah kita terjemahkan dalam bahasa setempat. Untuk student aku sarankan semua urusan yang berhubungan dengan kampus atau sekolah sudah selesai saat kita datang. Minta tolong pada profesor atau korespondensi kita untuk mengurus pendaftaran atau bahkan biasanya dalam letter of acceptance dari profesor sudah disebutkan pernyataan bahwa kita sudah disediakan tempat tinggal di asrama kampus misalnya. Ini semua agar tidak terbuang waktu terlalu banyak sampai carte de sejour atau kartu tinggal di Perancis ini keluar. Sebagai ilustrasi, kartu ini paling cepat keluar 3 bulan setelah diurus (kalau beruntung), lebih seringnya di atas 4 bulan, bahkan ada pula yang 6 bulan kemudian. Itu kan artinya visa kita sudah habis. Kalau kita sampai tanggal visa habis belum mengantongi surat convocation atau recepicee atau dokumen apapun dari prefectur artinya kan kita imigran gelap yang bisa dideportasi sewaktu2.

Berikut ini syarat-syarat pengurusan administrasi di perfectur :

  1. Foto 3.5 x 4.5 cm 5 lembar
  2. Akte kelahiran sudah ditranslasi ke bahasa perancis
  3. Akte nikah dan kartu keluarga sudah ditranslasi ke bahasa perancis
  4. Untuk pelajar – ada sertificate de scolarite dari sekolah/universitasnya.
  5. Untuk pelajar – ada attestion bourse – pernyataan siapa yang menanggung biaya pendidikan, kalau biaya orangtua ya surat orgtua bhs perancis, kalau beasiswa ya surat beasiswa dlm bhs perancis
  6. Passport dengan visa masih berlaku
  7. Untuk pekerja – ada surat dari kantor tenaga kerja perancis ANPE
  8. Untuk pekerja – pernyataan bekerja dan kontrak kerja
  9. Untuk pekerja – harus melampirkan gaji 3 bulan terakhir
  10. Justifikasi domisili – biasanya minta kontrak apartemen dimana tempat kita tinggal.
  11. Untuk orang maroko, tunisia dan turki harus melampirkan sertifikat non poligami. (dan ternyata untuk orang indonesia nggak…)
  12. Justifikasi security social atau asuransi.

Di perancis ini, syarat ini bisa berbeda-beda. Pengalamanku sendiri, justifikasi sosialatau asuransi tidak apa-apa belum ada, karena alasan yang dikemukakan oleh julia yang bantuin aku waktu itu – (lihat di sini) , bahwajustru convocation yg akan didapat dari mairie ini yang akan digunakan untuk mengurus dokumen yang bersangkutan tersebut.

Kalau melihat syarat-syarat di atas, no. 1,2,3 dan no.5 (beasiswa) sudah bisa diurus dan ditranslasi ke bahasa perancis sebelum berangkat. Untuk no.4 (Sertificate de scolarite),kalau bisa begitu sampai di perancis, itu sudah selesai di sekolah/universitas masing-masing. Jadi begitu datang, kita lapor ke administrasi sekolah atau universitas dan langsung mendapatkan dokumen2 itu. Sedang untuk no.10 (domisili), aku sarankan baiknya juga saat kita tiba di perancis, kepastian tinggal dimana sudah di dapat atau kalau tidak begitu, anda harus sediakan waktu 1 atau 2 minggu untuk mendapatkan tempat tinggal, lalu buat kontrak, sehingga segala dokumen kontrak serta dokumen pembayaran apartemen sudah di dapat (silahkan baca tentang tempat tinggalku di sini).

Akhirnya, setelah semua syarat disampaikan kepada petugas di kantor mairie. aku mendapatkan dokumen Convocation. Aku disuruh kembali 3 minggu kemudian untuk mengambil recepicee. Itulah pengalamanku yang belum selesai. Kini aku wait and see dulu, untuk langkah selanjutnya. Mungkin ada yang punya pengalaman lebuh seru dari aku?

Iklan

4 Tanggapan

  1. Assalamu’alaikum..
    Mas, Saya Kiki dari Jakarta..
    Saya lagi browsing mengenai asuransi di Perancis dan saya ga sengaja baca blog Mas ini..
    Kalau boleh tanya, maaf sebelumnya ya Mas, Mas tau ttg asuransi Urssaf ? boleh minta info sedikit ttg Urssaf ga mas?
    Tp kalau ga ngerepotin aja ya Mas..tolong dibales ke k_kooooy@yahoo.com..makasiy ya mas..
    Wassalam

    TuanSUFI : Ok, Kiki Insya Allah akan saya tulis dalam postingan tersendiri. mudah2an bisa membantu.

  2. mau tanya mas untuk surat nikah halaman mana yang di translate ?

  3. Assalamualaikum,
    apakah jika tidak membawa keluarga ke France juga harus men-translate surat nikah nya, pak?
    Terima kasih.
    Wassalam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: