• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 345,701 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

INILAH FLAT TEMPAT TINGGALKU

Nih, sekali-kali aku narsis ah. gaya sedikit di teras flat Jean Moulin. Secara resmi kepindahan aku dari rumah julia ke apartemen ini adalah tanggal 12 Februari 2008. Pukul 9 malam, setelah kurang lebih 2 minggu melalui masa-masa orientasi di rumah julia. Pada kesempatan ini izinkan aku berterima kasih atas semua perhatiannya, atas 2 minggu yang luar biasa. Bagaimana tidak, aku di ajak berkeliling kota, sehingga kini aku mengenal jalan-jalan le creusot. Aku juga diajarin tips dan trik berbelanja di marsche sekitar le creusot seperti intermarche, e-leclerc, ED, NOZ, grand Frais, Gifi sampai Geant Casino di Torsy (Insya Allah trik2 ini akan kutulis tersendiri). Tak lupa aku juga disuguhi nasi dan makanan yang spesial untuk perut kampung bogor di indonesia sono ;-), sambil sedikit-sedikit di kombinasikan dengan gaya perancis supaya ngga kaget2 bener perutnya. Aku juga diantar mengurus administrasi, bank, asuransi dan segala macam berkas-berkas di kantor-kantor institusi, sehingga saya tinggal duduk manis menerka-nerka, mereka ini sebenarnya lagi ngomong apa sih, keliatan seru amat ? sambil sesekali ngeluarin syarat berkas yang dibutuhkan. Aku juga di ajak jalan-jalan sampai ke chalon sur saone dan Montceau bahkan sampai pelosok2 creusot, aku juga berkesempatan di ajak bertemu sahabat-sahabat hangat mereka, keluarga-keluarga Perancis asli yang sangat khas untuk hadir dalam jamuan-jamuan yang amat baru bagiku, dan yang terpenting, hampir setiap hari aku diajarin bahasa Perancis sama Inez, gadis kecil cantik anak Julia yang baru kelas 3 SD tentang pengucapan dan beberapa vocabulary. Pokoknya, itu semua kehormatan amat besar bagiku untuk bisa menerimanya.

Nah, sebetulnya sejak pertama aku tiba di creusot tanggal 29 Januari, sore harinya apartemenku sudah langsung diserahterima. Bersama co-proffeussorku Olivier Morel, karena prof Fabrice sedang ke luar negeri. Tapi, ada beberapa hal di apartemenku yang nampaknya terlalu kotor catnya, sehingga ada permintaan dariku atas saran Julia dan zooran untuk dicat dulu oleh pengelola. Oh ya, saat serah terima ada dokumen Etat de Lieu, yang berisi keadaan terakhir apartemen tersebut. Ini harus diteliti dan disetujui oleh kedua pihak, kita sebagai penyewa harus memperhatikan benar-benar, setiap tembok, ubin, meubel2, cat, keramik dan semuanya. Bahkan Julia dan zooran memeriksa sampai ke kolong-kolong tempat tidur segala, sungguh pelajaran yang luar biasa dari mereka ini, teliti banget. Sebab, agar nanti saat keluar kita tidak dituntut oleh pengelola atas kerusakan-kerusakan yang mungkin tidak kita lakukan karena dari sononya. Ya, begitulah katanya kalau hidup di perancis ini. Setelah itu saya pun kemudian menandatangani kontrak dan ada keterlibatan pengacara pula disitu, dan kena biaya sekitar 20-30 euro. Lalu juga ada uang jaminan yang harus disetorkan sebesar sekian ratus euro. Di beberapa tempat bahkan sejumlah 3 x sewa per bulannya. Setelah semua dipenuhi bayarannya, kita mendapatkan dokumen pernyataan pembayaran yang akan bermanfaat untuk pengurusan membuka account bank dan pendaftaran administrasi di Mairie nanti.

Setelah menunggu hampir dua minggu, kayaknya permintaan untuk mengecat sedikit apartemenku ngga dikabulkan. Setiap dihubungi ada banyak alasan ; libur, tidak ada orang dan sebagainya. Maka, ya tanggal 12 februari itulah aku putuskan pindah saja. Masalah nanti kalau mereka sudah siap mengecat, aku tinggal nginap lagi di rumah Julia. Apa yang dilakukan untuk mengisi apartemen ? Nah ini sudah dicicil semenjak masa orientasi di rumah Julia dulu. Secara standar, apartemenku ini termasuk T1 tipe studio. Besarnya sekitar 20 m persegi, ada toilet di dalam, ada kompor listrik, tempat cuci piring, dilengkapi meubel tempat tidur, dua kursi, 1 meja belajar dan 1 meja makan, pemanas udara ada 3, dan meja kecil disamping tempat tidur. Alhamdulillah colokan listrik berlimpah, sampai sembilan coy!! Listrik di sini 220v, tidak berbeda dengan indonesia. Colokan listriknya 2 hole, ditengahnya ada besi ground yang menonjol keluar. jadi kalo mau bawa alat elektronik dari indonesia, ya sesuaikan saja sendiri yang ada bolongan untuk besi ground tersebut.

Aku membeli microwave (kisaran 50 – 120 euro, itu tinggal pilih), lalu rak piring kecil, ember dan handuk-handuk untuk alas kamar mandi, karena di sini WCnya adalah WC kering, jadi setiap habis berbasah-basah ria harus segera dipel karena akan menjadi sangat licin nantinya. Tak lupa peralatan makan dan peralatan masak. Peralatan makan meliputi piring, sendok, garpu, mangkok, pisau roti kecil dan yang besar, paling nggak sedia 3-4 untuk setiap unitnya, siapa tau ada tamu kan. Peralatan masak ya lap dapur, penggorengan, panci, spatula dan sendok sayur. Nah, di penyediaan logistik ini, aku benar2 bersyukur atas silaturrahmi dengan keluarga2 di perancis ini, sebab sebagian besar peralatan-peralatan itu dipinjamkan oleh mereka sampai batas yang tidak ditentukan. Orang perancis ini sangat senang rupanya kalau dimintai tolong. Mereka serta merta mau membongkar gudangnya lalu ngasih barang-barang yang kita perlukan. Dan lagi aku juga dikasih sama orangtuanya zooran, sebuah jemuran pakaian lipat. Alhamdulillah jadi bisa ngirit. Kalo mau beli semua perlengkapan itu, aku sudah ngitung2 kasar, ya kira-kira 500 – 700 euro. Ini cukup untuk di kota kecil seperti le creusot. Apalagi kalo mau beli barang-barang dari plastik, dijamin lebih mahal lagi.

Akhirnya, ya disinilah aku bertapa, insya Allah sekitar 3 tahun ke depan. Semoga apartemen ini bisa membawa keberkahan bagi aku yang tinggal di dalamnya, dan juga aku pun dapat membagi keberkahan itu dengan orang-orang yang tinggal di sekitarku, seperti juga keluarga Julia yang membagi kenyamanan bagi pendatang dari jauh itu, Insya Allah aku juga ngga mau kalah ah… 😉

——-

mau tau dimana persisnya apartemenku? Coba ke http://maps.google.com, masukkan keyword : jean monnet, le creusot. Apartemen Jean Moulin persis dibelokan tajam avenue Jean monnet

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: