• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 345,903 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

JALAN-JALAN KE MONTCEAU

Hari minggu kedua di le creusot, Perancis, pagi-pagi zooran sudah nelpon, “ayo siap-siap hari ini kami akan mengajak kamu melihat-lihat kota Montceau, jaraknya kurang lebih 15 ment dari creusot. Dan kebetulan hari ini adalah discount untuk baju-baju musim dingin khusus untuk anak-anak. Kita akan berangkat ke toko yang kalau di indonesia di kenal dengan factory outlet. Pabriknya mengeluarkan merk yang cukup beken di kawasan perancis ini, yaitu CLAYEUX. Kita akan melihat baju dengan kualitas baik tapi dengan harga murah”.

Ya, ternyata di perancis ini ada masa discount sekitar bulan januari atau februari untuk berbagai macam produk. Nah, untuk produk-produk tertentu bahkan jika sudah lewat masa discount yang tadi, ada banting harga lagi. Contoh jelasnya adalah produk pakaian merk CLAYEUX, yang biasanya dilakukan di factory outlet yang terletak di avenue mal leclerc di kota montceau.

Zooran memperlihatkan harga asli yang terpampang di label harga, untuk sebuah pakaian wol anak-anak ditawarkan dengan harga 37 euro. Harga ini akan menjadi 2x lipatnya kalau kamu cari di kota dijon, apalagi di paris sana. Nah, di toko ini, kita bisa mendapatkan 3 baju wol seperti itu dengan harga 24,90 euro ! Pikiran orang indonesia saya segera bekerja dengan cepat. untuk sebuah baju anak-anak, kalau kita cari kualitas terbaik di Indonesia seperti di mal kelapa gading atau di toko-toko modern di jakarta dengan harga 8 euro (kurang lebih Rp 112000) rasanya masih terlalu murah. kita tahu kan baju anak-anak atau baju bayi itu selalu lebih mahal karena biasanya bahannya lebih lembut. Tergodalah aku untuk beli buat Zaidan, jagoanku di bogor sana. Biar aku simpan dulu, buat oleh-oleh kalau pulang nanti.

Setelah dari factory outlet, aku bersama zooran, inez dan Julia masuk ke kota Montceau. Kota ini tidak lebih besar dari le creusot, tapi nuansa bisnisnya sangat kuat. Di kota ini banyak ditemui sentra bisnis sehingga kelihatan lebih ramai dan dinamis. Tata kotanya rapi, di pusat kota ada jalan utama, yang menjadi pusat bisnis dan bisa dijangkau dengan berjalan kaki saja. dan hebatnya mobil tidak boleh lewat di situ. Di blok lainnya berjajar rapi, bank-bank menjadi satu blok, lalu kantor-kantor asuransi di blok sampingnya lagi. Nah, dari cerita Julia, bahkan pusat komunikasi perancis Orange yang di creusot dipindah ke kota montceau ini, dan akan disusul dengan beberapa layanan publik lainnya. Sehingga nantinya setiap urusan harus ke kota montceau. Pantesan aja buku directory yang kudapat dari kantor yang mengurus apartemenku judulnya Creusot Montceau karena rupanya ada kolaborasi.

Sepulangnya dari montceau, aku diajak ke dataran tinggi creusot. Dari atas sana aku bisa melihat seluruh kota creusot, bagus sekali. Tak jauh dari puncak tadi ada taman parc de combes, tempat rekreasi sirkuit mini gokart dan motor mini, lalu juga ada mainan kayak di dunia fantasi jakarta. Sambil turun, aku juga di ajak untuk melihat gedung-gedung olah raga volley, stadion sepak bola jean Garnier. Wah…, betul-betul pengalaman luar biasa. Julia dan keluarga memang luar biasa, orientasi yang diberikan kepadaku selaku pendatang dari indonesia betul2 lebih dari cukup. Aku dalam dua minggu ini sudah mengenal berbagai hal tentang creusot dan bahkan 2 kota di sekitarnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: