• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 304,857 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

JALAN-JALAN KE CHALON SUR SAONE

Pada hari minggu pertama di Perancis… seperti biasa jam 6 kurang 10 menit aku sudah beranjak ke WC, lalu berwudhu, lalu sholat shubuh dan tilawah. sekitar jam 8 aku keluarkamar. situasi rumah Julia masih gelap. biasanya jam yang sama, semuanya sudah kumpul di meja makan. karena lapar, aku langsung ambil susu coklat, dan buat roti dan sarapan aja sendirian.Setelah itu aku baca directory tentang pariwisata di le creusot, melihat peta dan merenung-renung sudah sampai di mana jalan-jalan di kota ini yang sudah aku jalani. Dalam beberapa hari ini, aku selalu di ajak Julia dan keluarganya berkeliling. Orientasi ruangku bekerja sangat baik sekali – atau kalau boleh pake bahasa sehari-hari, insting supirku sudah tergerak, walau pun masih selalu bingung karena semua stir di sini ada di sebelah kiri. Tapi paling tidak sudah 50 persen jalan-jalan di le creusot sudah tergambar.

Ternyata sampai menjelang tengah hari barulah ada kehidupan di rumah julia, memang hari minggu adalah hari yang enak untuk santai, apalagi di musim dingin seperti ini. Nah sekitar jam dua lebih, kami semua berangkat ke kota chalon sur saone, sekitar 1/2 jam perjalanan dari le creusot. Kotanya lebih besar dari le creusot dan lebih dinamik tentunya. Sudah sekitar 3 hari berselang, matahari bersinar dengan cerahnya sampai akhir minggu ini, walau suhu tetap saja tidak pernah di atas 10°C. Begitu masuk kota aku langsung dijamu oleh pemandangan sungai yang membelah di tengah kota ini. itulah sebabnya kenapa kota ini disebut Chalon sur Saone, artinya kota chalon yang di atas (sungai) saone. Dan ditengah-tengah sungai dekat pusat kota ada pulau buatan yang isinya toko-toko dan restaurant.

Setelah berputar-mutar cari tempat parkir, yang ternyata hampir penuh semua. Kami kemudian mencari bis untuk menuju pusat kota. Di kota ini ada sebuah bis gratis yang dapat dipergunakan untuk berkeliling. Bisnya lebih mirip dengan angkot di indonesia, dengan tempat duduk yang saling berhadapan, tapi kita tentunya bisa berdiri di dalamnya. Dan istimewanya, kalau cuaca cerah sekali (dan bukan musim dingin tentunya), atap bis bisa dibuka.

Singkatnya kami sudah di pusat kota, berfoto di depan Mairie (City Hall), lalu ada gereja tua di sampingnya dan ada museum di depannya. Suasana kota ini ramai sekali. Para remaja berteriak2, anak2 berlari2, hiruk pikuk kayak di kawasan glodok kota, cuma disini bule semua isinya ;-p .

Kami kemudian menyusuri jalan di antara gedung2 tua. Hampir semuanya adalah toko. Rupanya, hari ini adalah hari terakhir discount musim dingin. Yah, inilah Windows shopping sambil jalan sore-sore di chalon sur saone. Julia beli baju untuk Vicky dan Inez, aku sendiri tidak membeli apa-apa karena ngga dapat yang cocok.

Nah, akhir dari JJS kami ini adalah minum di kedai coofee. Aku sih milih susu coklat aja yang rasanya enak kalo lagi dingin2 kayak begini. Karena masih sekitar pukul 19, sebelum menuju le creusot kami singgah dulu di carefour. Julia dan zooran membeli beberapa keperluan rumah di sana, dan aku ? akhirnya dapat celana yang cukup tebal utk musim dingin ini di akhir SOLDES, dengan harga 15 euro. lumayan, karena harga normalnya sekitar 30 euro. Asyik, tp ternyata kaki ini lelah juga ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: