• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 335,902 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

kehidupan di le crusot

Kota ini tidak besar dan tidak terlalu ramai. Tapi jangan kaget kalau ternyata kota ini penghasil turbin untuk boeing dan berbagi peralatan raksasa untuk pesawat terbang dan reaktor nuklir. Nuansa teknis kota ini begitu terasa ketika monumen khas le creusot kulewati. kalo ngga salah alat pemotong besi tempo dulu yang diabadikan jadi monumen. Selain itu juga di sekitar kota ini banyak perkebunan anggur, yang pada masa-masa liburan ada tradisi vongdong (aku ngga tau gimana nulisnya, ini adalah ucapan orang2 yang kudengar), yaitu tradisi memetik anggur.

Dalam 3 tahun ke depan aku akan melakukan riset di sebuah universitas yang bernama Institut Universitarie de Technologie (IUT) yang berkolaborasi dengan Bourgogne Université di Dijon, tepatnya di salah satu lab-nya yaitu LE2I (laboratoire électronique, informatique et image) de Bourgogne dibawah bimbingan profesor Fabrice. Bidang penelitianku adalah Robotic Navigation Using Catadioptric Vision and Polarization Imaging.

Kota ini baru mulai ramai setelah pukul 9 pagi dan mulai sepi pada pukul 8 malam. Aku juga belum tahu apakah selain musim dingin juga begitu. keadaan ketika week end ; hari sabtu, toko-toko tetap buka, namun hari minggu mereka tutup semua. seperti di wilayah perancis lainnya, selain warga perancis asli, terdapat juga orang-orang turki, aljazair dan keturunan arab. namun sayangnya penduduk imigran ini cenderung tidak mau berbaur dengan penduduk asli, terutama orang-orang turki yang terkenal dengan ‘akal bulus’-nya.

Flat tempat aku tinggal ada di avenue Jean Monnet, residence universitaire Jean Moulin, N° Appt 23. Asrama mahasiswa yang berada di pinggir dataran tinggi sehingga memiliki view yang cukup luas utk melihat keindahan kota ini. Pada awalnya saat melakukan serah terima, kita harus memperhatikan detil kamar dan meubel yang ada di dalamnya, ini supaya saat nanti kita meninggalkannya tidak dituntut macam-macam jika ada kerusakan.

Untuk tranportasi massal ada perusahan bus ctc (seperti bus way-nya jakarta), tapi hanya ada mulai pukul 8 pagi sampai 8 malam. Lewat dari itu kita harus cari taxi, tapi biayanya cukup mahal. Nah, utk naik bus kita harus punya tiket yang bisa kita beli di kantor ctc. Ada paket abonemen (24 euro) kalo kita selalu naik bus setiap hari atau beli paket 20 tiket (13 euro) kalo kita jarang memanfaatkan bus.  Ketika naik bus, kita masukkan tiket ke mesin tiket, lalu akan di print waktunya. Setiap tiket berlaku selama 1 jam. Di sini semua bus berhenti di halte, tidak seperti di jakarta berhenti dimana-mana. Aku sendiri berencana beli sepeda, agar irit dan sekalian olah raga. kota ini cukup menantang untuk bersepeda karena konturnya turun naik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: