• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 304,624 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Keberangkatan…

Hari yang direncanakan untuk berangkat perlahan-lahan akhirnya tiba. Banyak hal yang terjadi menjelang hari tersebut, mulai dari persiapan administrasi keberangkatan yang berhubungan dengan amat banyak orang (Depdiknas yang memberikan beasiswa, kedutaan Perancis, universitas Gunadarma, Profesor di Perancis, penterjemah tersumpah), butik baju-baju dingin di bogor dan di pasar pagi, sampai ke lembaga kursus bahasa di depok. Dan tentu saja tak lupa kontak intensif dengan istri & anakku yang akan segera mengalami langsung akibat-akibat keberangkatan ini.

Semua ini amat memenuhi internal diriku. Segitu banyaknya masukan dari berbagai pihak, yang bahkan malah semakin intensif di minggu2 terakhir menjelang keberangkatan, membuat pikiran ini penuh sekali. sampai detik2 menjelang keberangkatan saja, aku masih bergadang menyelesaikan berbagai tugas-tugas yang masih belum selesai dilaksanakan. Yah, mungkin inilah yang dirasakan oleh orang-orang perantau yang hendak pergi jauh dalam waktu yang amat lama…

Yang jelas, penuhnya pikiran seharusnya tidak pernah menghalangiku untuk tetap mencurahkan seluruh kasih sayang kepada keluargaku, dan tentunya tidak pula mempengaruhi hubungan dengan orang-orang disekitarku. Inilah load balancing yang kucoba terus untuk dipertahankan dalam detik-detik berharga sebelum berangkat ini.

Jika kurenungkan, rupanya ini merupakan salah satu bentuk cobaan yang diberikan Allah kepadaku. Cobaan yang tentunya punya hikmah besar, yang mungkin diberikan untuk menyiapkan mentalku yang akan segera mendapatkan berbagai tekanan di tempat baruku nanti yang amat berbeda budaya, cuaca dan segalanya. yah, tentu akan aku rasakan sendiri hasilnya nanti. Yang penting sekarang ini aku harus berusaha tetap tenang sembari menyelesaikan apa-apa yang belum selesai.

Akhirnya, 27 Januari 2008, pukul 16.05, aku berangkat menuju Perancis, melanjutkan studi S3 di I.U.T Universite de Bourgogne, Le creusot. diiringi hati haru perpisahan dari istri & anakku, dari orang tua – orang tua mulia yang turut melepasku, dari adik, kakak dan para kerabat yang ternyata amat banyak memberikan perhatian kepadaku. Subhanallah, perasaan ini amatlah berat di satu sisi, dan Insya Allah kuyakin bahwa di sisi yang lain memiliki hikmah besar yang pada waktunya nanti dapat dipetik.

Au revoir…

Satu Tanggapan

  1. Barakallah pak. Semoga sukses. Jangan lupa sharing juga ya, cara mendapatkan beasiswanya. saya mahasiswa bapak untuk mata kuliah keamanan komputer. Insya allah mata kuliah ini yang akan diuji untuk kompre saya. Wassalam.

    ok, sukses juga deh sidangnya. semoga diberi kemudahan menghadapinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: