• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 314,466 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Kecerdasan tipe Sekuensial Abstrak

Zaidan dalam 2 bulan terakhir ini (berarti usianya sudah dua tahun dua bulan) amat menyenangi puzzle. Bundanya zaidan membelikan 5 buah buku puzzle seri binatang yang masing-masing buku terdapat 5 jenis binatang & masing-masing binatang terdiri dari 12 puzzle yang dapat disusun oleh zaidan. Awalnya sih Zaidan cuma suka melihat bagusnya gambar-gambar tersebut, tapi begitu dia mengetahui bahwa gambar-gambar itu bisa dia bongkar dan disusunnya kembali, maka mulailah kelihatan keasyikannya. Dalam 2 – 3 minggu, jagoanku ini mendadak senang duduk berjam-jam menyusun puzzle sambil bergumam-gumam, bahkan sambil nyanyi2. Dan kemana pun dia diajak abi atau bundanya, selalu saja dia membawa salah satu buku puzzlenya tersebut.

Di awal-awal bulan ramadhan ini, aku coba memperhatikan asyiknya zaidan menyusun puzzle-nya. Kuambil dan kususun salah satu gambarnya itu dengan caraku, merunut dari semua pinggir-pinggirnya, lalu baru kemudian melengkapi bagian tengahnya. wah.., perlu 2-3 menit. Bahkan sebelum selesai aku menyusun, zaidan sudah membajak puzzle yang sedang aku susun & menyelesaikannya dengan cepat sekali. Sambil iseng aku acak2 lagi gambar itu lalu kusuruh zaidan menyusunnya kembali. Subhanallah, aku terpaksa terbelalak, Zaidan menyelesaikannya dalam 1 menit. Masih ngga percaya, aku coba lagi beberapa kali bahkan sempat aku rekam sekalian menggunakan handycam, kisarannya ternyata antara 1 menit sampai 1,5 menit selesainya.

Kuperhatikan lebih lanjut lagi bagaimana zaidan menyusun puzzle, ternyata dia menyusun justru dari tengah gambar. Matanya dengan cepat mencari kesesuaian warna atau obyek gambar yang ada dimasing-masing puzzle, dengan memutar-mutar puzzle itu sampai mendapat pasangan yang cocok disampingnya. Jadi ternyata bukan karena sudah hafal. Awalnya mungkin jagoanku ini mengingat gambar puzzle keseluruhannya, lalu dia mengingat gambar itu dengan otaknya & proses penyusunan berdasarkan ingatannya itu. Tidak seperti aku yang menyusun berdasarkan pinggiran-pinggiran baru ke tengah. sehingga proses penyusunan gambar puzzle-ku relatif statis, tidak seperti cara zaidan yang dinamis dengan memutar-mutar puzzle-nya itu dengan cepat.

Aku kemudian googling dan mendapat informasi di situs Floating Neutrinos yang menjelaskan tentang indikator perilaku kecerdasan tipe apa, zaidan ini. Dari penjelasan di sana, sepertinya anakku ini punya tipe Abstrak Sequential, karena dengan caranya menyusun puzzle tadi, Zaidan punya metoda mengorganisir lewat step-step yang terstruktur (sekuensial), dan penyusunannya aksi-aksinya itu dilakukan di dalam fikirannya (abstrak). – yang dari psikologi boleh nambahin… ini sih cuma menerka aja. Nah ini kukutip dari situs tadi :

 

The sequential approach has to do with ordering and organizing, also carrying out a process or project involving many steps over a period of time.

The random approach is more in-the-moment and subject to change, taking more of an event-by-event view, rather than process orientation.

Abstract has to do with thoughts and ideas;

concrete has to do with objects and things.

Nah, untuk melengkapi keingintahuanku, aku juga pernah mencobakan ke zaidan suatu puzzle yang baru sama sekali, tanpa memperlihatkan gambar utuhnya. Ia langsung sibuk sendiri memutar-mutar masing-masing puzzle, namun butuh waktu 5 menitan untuk bisa selesai. dan dahsyatnya puzzle itu berjumlah 20 unit (lebih banyak dari yang biasa dia mainkan).

Subhanallah, satu lagi keajaiban ciptaan Allah yang bernama kecerdasan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: