• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 328,420 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Pakaian & kerapihan Ketika Sholat

iqbalsufi-kokoPada saat kita hendak ke kantor, misalnya. Coba perhatikan sejenak, kita mandi dan cuci muka dengan sabun pembersih. Tidak ketinggalan, kita menyemprotkan pula minyak wangi atau pun sekedar memakai deodorant, menyisir rambut dengan hati-hati plus kalau sempat kita berkumur pakai cairan khusus pembasmi bakteri mulut. Pakaian yang dipilih pun tidak sembarangan, pasti yang terbaik, bahkan kita sering complain jika pakaian kita itu kusut. Kalau mau iseng-iseng kita hitung waktu yang dibutuhkan untuk melakukan itu semua, paling tidak minimal 5 – 10 menit.

Hal yang sama dapat kita temui pada istri kita, bahkan para kaum wanita untuk urusan dandan ini bisa berkali-kali lipat waktu yang dibutuhkan oleh mereka sampai mereka siap berangkat. Nah, itu saja baru mau berangkat ke kantor. Apalagi pada saat kita hendak memenuhi undangan suatu pesta pernikahan. Persiapan kostum kita pasti lebih hebat lagi. Terutama ibu-ibu, plus make-up dan segala remeh temehnya.

Sekarang coba kita bandingkan dengan persiapan yang kita lakukan ketika hendak melaksanakan sholat. Ketika wudhu pun kita melaksanakannya dengan tergesa-gesa. Bahkan biasanya anggota wudhu yang dibasuh pun hanya yang wajib-wajib saja. Gerakan wudhu yang cukup banyak itu bisa selesai dalam 2 menit (bahkan cuma 1 menit!). Bandingkan dengan waktu cuci muka, sikat gigi & berkumur saat mau berangkat kantor di atas. Jauh banget ye?

Memang untuk sholat kita tidak perlu pakaian yang paling bagus. Tapi cukup yang bersih (dan tentu sopan). Hal ini pun sering tidak kita perhatikan. Pernah saya lihat orang sholat memakai kaos oblong saja, bahkan kaos dengan gambar-gambar seronok yang sangat mencolok mata seperti kaos-kaos bertemakan humor yang tentu saja mengganggu konsentrasi orang-orang yang sholat dibelakangnya. Parahnya lagi, ada orang sholat pakai kaos bergambar produk yang diharamkan seperti bir !

Sekarang kita coba perhatikan ibu-ibu yang sholat di rumah. Mukena (pakaian sholat) nya entah kapan terakhir dicuci. Hitam-hitam disekitar kepala, bahkan baunya pun tidak sedap. Bahkan, – – maaf , di dalam mukena itu hanya memakai pakaian dalam saja, saking tergesa-gesanya disela kesibukan keseharian yang padat di rumah tangga.

Rentetan kejadian di atas mungkin mengakibatkan kita semua tidak mendapatkan manfaat apa-apa dari sholat yang kita lakukan. Utk menghadap presiden saja, protokoler akan melarang siapa saja yang menggunakan celana jeans. ini untuk sholat, pakai jeans yang bolong di dengkul dan ditutup sapu tangan. uihh… sangat-sangat tidak sopan. Apakah kita lupa, sholat itu adalah menghadap sang penguasa yang Maha Tinggi?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: