• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 350,291 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Seri Banjir : Ayo kita masuk Mall….

Ada dua hal yang luar biasa di tempat kita ini di musim hujan awal tahun, pertama adalah banjir, dan yang kedua adalah promosi mall-mall atau pusat perbelanjaan.

Banjir sudah jelas hebatnya. hujannya sih cukup 3-4 jam, tapi libasannya wuihh… ngga ada satu teori pun dari orang-orang pintar kita yang bisa menahannya sama sekali. semuanya jadi penonton diam yang terkesima cemas. Efeknya terasa memerihkan hati, orang-orang pada basah kedinginan, lalu sulit air bersih, gatal-gatal akhirnya sakit dan ada beberapa yang tak tahan lagi sehingga mendahului kita semua….

Kalau mall, luar biasanya terdapat pada promosi valentine day. semua berwarna merah muda. penuh hadiah dan discount untuk muda-mudi sampai orang tua.

Namun yang lebih luar biasa lagi ternyata adalah benang merah antar korban banjir dengan mall-mall tersebut. Semua promosi meriah itu mendadak tutup semua di 2-5 Februari. rolling door ditutup rapat banget, satpam-satpam ekstra hati-hati dan galak mengusir penduduk kedinginan yang cari perlindungan di gedung mall yang megah itu. ‘takut dijarah pak‘, katanya.

Kalau mall-nya tidak mau dijarah, ya buat program bantuan dong untuk pengungsi, jangan maunya ngeruk untung melulu, fungsi sosialnya MESTI dipakai dong. Bikin acara valentin yang ngga ada juntrungannya itu sdh dipersiapkan jauh2 hari, masak utk dana sosial saja ngga ada. katanya kasih sayang, ternyata ya bullshit juga. wajar aja kalau rakyat kecil tidak mau melindungi, wong kerjaannya sehari2 juga cuma membuat rakyat kecil iri doang.

Kupikir selama ini Mall kurang berkontribusi dalam kegiatan sosial. selalu mencari keuntungan melulu. sehingga tidak tercapailah keseimbangan dengan rakyat kecil yang tidak mampu membeli apa-apa disana. Acara-acara yang diadakan tidak membawa kegembiraan hakiki bagi pengunjung, selalu hanya menggelitik nafsu membeli yang tidak pernah diimbangi kemampuan membeli si pengunjung.

Coba ada program yg turut mengangkat orang-orang kecil yg ada disekitar mall, seperti belanja gratis bagi pemulung, bagi anak jalanan dan komponen rakyat kecil lainnya, tidak perlu banyak2. 200ribuan per org juga tidak apa-apa.

Dengan begini semua akan merasa menyayangi keberadaan mall tersebut. kalau ada apa2 dgn mall tersebut org2 akan serta merta membela mati2an karena mereka merasa pengelola mall pun membela mereka.

pertanyaannya, bisakah kita?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: