• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 190,922 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • Aha…

    IP
  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Bagaimana cara Adopsi Anak

Ada yang cukup menarik ketika aku berbicara dengan sahabat baruku pertama kali. Dia sudah 2 minggu ini magang di Labo tempatku bekerja dan sering terlihat pula bolak-balik dari Residence Univértaire Jean Moulin tempatku tinggal. Namun baru kali ini aku sempat berbicara dengannya dan mencoba tahu lebih banyak tentang dirinya. Dia bilang begini, “saya Ricardo, rumah orangtua saya sekitar 30 menit dari le creusot, di sini saya akan magang sekitar 3 bulan. dan saya adalah anak adopsi, sejak 3 tahun saya sudah dibawa dari meksiko untuk tinggal di sini bersama orangtua baru saya..”

wahh.. kaget juga aku. di percakapan perkenalan pertama dia dengan tidak ragu-ragu langsung bilang saya adalah anak adopsi.

Aku jadi ingat beberapa saat yang lalu saat jalan-jalan di taman verrerie. Ada seorang ibu muda perancis ngajak main 2 anaknya. Ngga jauh dari situ, suaminya memperhatikan dari jauh sambil duduk-duduk, mereka berdua ini orang kulit putih tapi anaknya dua-duanya orang kulit hitam ! so, ini juga adopsi.

Aku kemudian mencari info bagaimana hukum Perancis mengenai adopsi ini ditegakkan, anda bisa baca disini (dalam bahasa perancis). Secara garis besar, menurut hukum perancis, syarat adopsi ternyata cukup simpel, namun banyak dokumen yang harus dipenuhi bila anak yang diadopsi diambil dari lain negara dan tentunya harus meyakinkan petugas bahwa orangtua pengadopsi mampu secara finansial mengurus anak-anak tersebut. Kalau sahabat mau melihat aturan dan konsekuensi adopsi di perancis dalam bahasa inggris, bisa juga di cek di Wiki.

Beberapa saat yang lalu di perancis ada wacana aneh, bahwa kaum homo seksual juga ingin bisa mengadopsi anak. Publik perancis cukup seru membahas ini, dan akhirnya dilarang (Kalau tidak salah baru satu negara yang menerapkan kaum homo ini boleh mengadopsi, yaitu kanada). Namun, pada pelaksanaannya, kaum homo pun kalau mau bisa mengadopsi anak dengan pintu hukum single parent, dokumen nikah homo-nya sengaja tidak dideklarasi dulu lalu dia mengangkat anak, sambil hidup bersama dengan pasangannya (parah juga ya…, aku malas ngebahasnya lebih lanjut)

Kembali ke adopsi tadi, keterbukaan sahabatku Richardo tadi menunjukkan bahwa dalam hubungan anak adopsi dengan orangtuanya juga sangat terbuka. Kenyataan sesungguhnya tetap diketahui oleh anak tersebut, walau mungkin saja ada ombak2 kesedihan saat pertama kali kenyataan itu dibuka padanya. Aku melihat beberapa kali di Indonesia, orangtua ada yang menyembunyikan identitas anak, tentu ini tidak baik, karena kaitannya saat dia menikah nanti, nasabnya (garis keturunannya) sudah jelas, menghindari pernikahan dengan saudaranya sendiri. Keterbukaan ini sebetulnya cara-cara islam, untuk melindungi orang tua dan anak tersebut tetap berada dalam kejelasan hukum.

Lalu hukum yang mengatur hal ini di indonesia bagaimana ? aku menemukan tulisan cukup lengkap di Situs LBH dan aturan hukum tambahan untuk untuk warga asing yang ingin mengadopsi anak indonesia ada di Situs Asiamaya.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana penerapan hukum adopsi di Indonesia ? Ternyata masih terjadi proses yang tidak teliti dalam pengadilan yang memutuskan suatu adopsi diizinkan atau tidak. Beritanya dapat anda lihat di sini. Masih juga terjadi kebingungan di rumah sakit bersalin bagi orang tua yang tidak bertanggungjawab meninggalkan bayi yang dilahirkan di rumah bersalin, lalu didatangi oleh orang-orang yang mau mengadopsi (baca di sini).

Lalu mengapa harus melakukan adopsi ? Selain untuk pasangan yang sangat mendambakan anak, namun belum juga diberikan oleh Yang Maha Kuasa, adopsi sebetulnya adalah melindungi anak-anak dari orangtuanya tidak mampu membesarkannya karena kemiskinan, atau meninggal dunia karena bencana alam dan sebab-sebab lainnya. Adopsi juga bisa kita jadikan sebagai salah satu solusi bagi anak jalanan.

Nah, begitulah sahabat. Tulisan ini sekedar mendeskripsikan saja mengenai adopsi, mudah-mudahan dapat dijadikan sebagai pengetahuan awal bagi sahabat yang mungkin saja akan mengadopsi anak. Semoga bermanfaat.
————–
ILustrasi gambar dari :

http://www.parentdish.com/

39 Tanggapan

  1. bole tau ga gmana klo justru saya punya anak yang ingin supaya orang laen yang mengadopsinya?

    • SY SUMARI 38 TH & ISTRI 40 TH SUDAH MENIKAH 13 TH, SAMPAI SAAT INI BLM DIKARUNIA MOMONGAN, SY SERIUS INGIN ADOPSI ANAK. BGMANA CARANYA? INI NO. HP SAYA 08161611781, KALO ADA INFORMASI MOHON SEGERA INFORMASI SY DI EMAIL ATAU DI HP SAYA.

      TERIMA KASIH

      SUMARI

    • anaknya umur berapa?????siapa tahu masih bayi aku mau adopsi

      • kmu mw adopsi????/aku punya teman kebetulan dy dah mw lahiran tpi dy cerai ma suaminya.klw mw ni no hp sya 085240639643

  2. kami ingin mengadopsi anak …. gimana tipsnya mengadopsi anak …..

  3. sy sdh menikah slama 4 thn n blm di karuniai seorang anak…alangkah bahagianya kalo ada yg bs memberikan informasi tempt n dmn ada anak yg mau kt adopsi ..tx be 4

  4. Ada artikel menarik persyaratan utk adopsi anak. silahkan klik link di bawah ini :
    http://anurachman.wordpress.com/2009/05/11/cara-mengadopsi-anak/

    mudah2an bisa membantu bagi bapak/ibu yang ingin melakukannya.

  5. saya baru menikah dan akan mengadopsi anak, anak itu sekarang berumur 3 tahun ortunya sudah meninggal, gimana caranya agar bisa membuat akta kelahiran buat anak tsb karena sebentar lagi akan kami masukan sekolah, terimakasih sebelumnya atas bantuannya.

  6. saya blm genap1 thn menikah namun istri serta anak saya meninggal ketika melahirkan. bila melihat persaratan untuk adopsi masih mungkinkah saya untuk mengadopsi anak!!!

  7. saya ingin mempunyai orang tua angkat.

    085723800336

  8. aku ga pengen married tapi aku pengen adopsi bagaimana caranya mohon bantuannya sekaligus di mana tempat bisa diadopsinya apakah anak jalanan bisa diadopsi dengan keadaan ga pengen terikat ke pernikahan atau hanya single parent

  9. mohon kasi tahu saya info ttg pertanyaan saya krn saya sgt perlu info itu

    • Mbak Iin, apabila sebuah keluarga di jakarta ingin mengadopsi anak, saya sarankan untuk menghubungi Dinas Sosial Propinsi DKI Jakarta, Jl. Gunung Sahari II/6 Lt. 7, disitu mbak Iin bisa mendapatkan gambaran dimana bisa mengadopsi anak secara legal dan dapat mengetahui asal-usul dari calon buah hati yang kita inginkan secara jelas.

      Kalau ingin informasi tentang panti asuhan2 di Indonesia, kebetulan saya menemukan link yang cukup menarik yaitu : http://www.pantiasuhan.info/halaman=daftarpanti

      silahkan akses ke sana utk melihatnya. Kemudian untuk adopsi anak, sekarang ini mengacu pada UU 23 tahun 2006. Hati2 jgn sampai malah bisa kena pidana perdagangan anak. Silahkan mbak iin search di google detai UU ini utk mengetahui bagaimana pendekatan secara hukum atau bisa saja tanya pada pengacara.

      Menurut berita yg pernah saya baca, ada satu yayasan yang memegang lisensi untuk membantu keluarga2 yg ingin mengadopsi anak. namanya Yayasan Sayap Ibu alamatnya di Jl. Barito II No. 55 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12130, Telpon: 021-7221763 – 7266317 dan Fax: 021-7221763.

      Mba Iin juga bisa mengakses situs webnya di http://www.sayapibujakarta.org/ind/adopsi.html.

      Semoga bisa membantu.

  10. Kami sudah lama menikah tapi sampai skrg belum dikaruniai anak. Kami ingin skl adopsi anak perem-
    puan umur dibawah satu tahun. Kalau ada informasi tolong telp ke kami 085869840912 terima ksh byk sebelumnya

  11. assalam’mualaikum,nama saya yulia saya dah 4 tahun nikah sampe sekarang saya belom punya anak saya pingin ngadopsi anak laki2di bawah satu bulan hubungin saya di,no.085295378823
    saya tunggu

  12. saya sekarang sedang berusaha ingin mengadopsi anak, anak itu laki2 dan sehat… skrg berada di RS dan org RS pun sudah setuju saya adopsi, surat2 sudah mulai saya lengkapi, tp sayang niat baik saya tidak didukung oleh dinas sosial, saya merasa sangat di persulit.

  13. usia saya 20 thun , pa boleh saya mengadopsi anak ?

  14. Sy sdh brumur 20thun,sjk kcil sy pngen skali pux orgtua angkat dr luar ngeri..
    Apakah ada yg mau mngangkt sy jd anakxa,
    hbngi sya..

  15. Salam Sejahtera,
    Sebelum nya perkenalkan saya adalah seorang ayah keturunan CHINESE beragama KRISTEN yg ber usia 37 th dan istri berusia 39 tahun, profesi saya adalah sebagai wiraswasta yg berdomisili di kota surabaya, yg dimana secara financial saya dibilang cukup untuk memenuhi segala kebutuhan hidup setiap hari.
    perlu diketahui bahwa saya sudah mempunyai 5 anak ( 3 laki dan 2 perempuan ) yg besar sdh kelas SMP dan yg terkecil masih berusia 2 th lebih.
    namun Tuhan masih memberikan saya keturunan lagi 1 anak yg masih didalam kandungan berusia kehamilan masuk usia 9 bulan (menurut hasil USG dokter adalah cewek) dan akhir bulan agustus ini diperkirakan akan melakukan persalinan di rumah sakit dokter kandungan.
    melalui rubrik ini, saya bersama istri berencana membagi kasih karunia ini kepada pasangan suami istri yg sudah lama terikat dalam perkawinan resmi yg belum dikarunai seorang anak dan tentunya calon orang tua angkat/adopsi harus dapat membuktkan bahwa saudara adalah dari keluargga baik2, taat beribadah, latar belakang yg baik, dan tentunya ditunjang dari finansial yg baik pula untuk mengangankat atau mengadopsi anak saya, agar kehidupan anak tersebut hidup sejahtera secara lahir dan batin.
    jika ada diantara saudara berminat dan ingin dengan serius untuk mengangkat atau adopsi anak, silahkan hubungi saya di HP : 081.9346.98276 atau email : lovefamily21@ymail.com
    saya dan istri akan menyeleksi saudara apakah saudara berhak untuk menerima Kasih karunia Ini dan segala kepengurusan surat tentang mengangkat / adopsi akan dilakukan secara sah dan legal di pengadilan, notaris, dinas kependudukan dll.

    Terima Kasih,
    GBU.

    • salam sejahtera…kita mau sekali seadainya bapak percaya pada kita untuk mengadopsie putri bapak ,,mungkin ini anggak sedikit terlambat baca…saya sudah berusaha email dan tlp nggak pernah ada jawaban ..
      terima kasih

      Marc &lilian coenen

  16. teman saya berniat mengadopsikan anaknya yg berusia 1bulan, laki2… jika ada yg berminat hubungi ke 085219218725

  17. perkenalkan nama saya mia,saya udh 3 thn menikah,tapi saya dan suami blm di karuniai seorang anak,makanya saya dan suami ingin mengadopsi anak,klu bisa bayi umur 1-9 bln dan perempuan,mohon klu ada informasi hubungi saya d nomor 083199594599.terima kasih.

  18. kenalkan nama saya lilian ,saya dah 4 th menikah ,,kita ingin sekali meadopsi bayi 1 sampai 24 bulan laki perempuan ok..mengigat saya sudah tidak tinggal lagi di indoonesia…mohon informasi dan hubungi saya lewat :liliana-youhana@live.com atau +31626509860.terima kasih

    • Dear, lilian.

      seperti nya kita sudah berinteraksi pada tgl 26-28 oktober, baik via tlp, email, FB dan Skype.
      terima kasih.

      best regards n God Bless u,
      Love

  19. nama saya kiran,saya dan suami ingin sekali mengadopsi bayi yang umurnya 0-5 bulan,mohon kalau ada informasi tolong hubungi saya di nomor 083194079466 dan saya berdomisili di medan.terima kasih.

  20. saya ingin mengadopsi bayi yg umurnya 0-5 bulan dan kalau bisa perempuan,saya sudah menikah 3 tahun,mohon kalau ada informasi hubungi saya di adelia.sastrawijaya@yahoo.com dan saya berdomisili di Manado – Sulawesi Utara

  21. Assalamualaikum,, nama saya indra, istri saya mau melahirkan besok, sementara saya tidak memiliki uang untuk biaya persalinan, barangkali ada yang mau adopsi silahkan hub saya, saya tinggal di daerah jabodetabek,

  22. Assalamualaikum . nama saya Ahmad Yani. Saya seorang Guru SMA Negeri di Kota Cimahi. Saya sudah punya anak 3 orang laki-laki semua. ( anak ke 1 , Dinas di Kepolisian , anak ke -2 Kuliah, dan anak ke 3 . SD kelas 5 ). Saya dan istri bermaksud ingin mengadopsi seorang anak perempuan ( Usia antara 5- 8 tahun ). Saya ingin mengasihinya dan menyekolahkannya layaknya anak kandung sendiri, bagi yang memiliki informasi terkait niat baik saya tersebut di atas, bisa mengontak saya ke no : o82115386388 . Terimakasih.

  23. bila ada yg serius pngen adopsi anak sya tp msih dlam kandungan bsa hub sya k no 085721799918,,usia kandungan sya 5blan,,sya tnggl d bandung..

  24. saya ingin adopsi anak,masih dalam kandungan bulan 10 2012 kata dokter lahirnya,,,yg serius hub saya di 08563788666 atau 085738166666
    atau email yasa615@yahoo.com

  25. saya ingin adopsi bayi perempuan usia 0-1 bulan. saya berdomisili di medan dan mencari bayi adopsi di sekitar medan sumatera utara. jika ada hub saya di 085262049711. yang serius…………

  26. saya dari keluarga muslim,saya dan suami berniat ingin mengadopsi bayi perempuan umur 0-5 bulan,tapi saya hanya mencari yang berdomisili di medan karena saya tinggal di medan.
    kalo ada yang bersedia ingin mengadopsikan bayi nya kepada keluarga saya,silahkan hubungi saya di nomor 085760901603.
    terima kasih.

  27. adakah yang mau merawat dan membesarkan anak saya? kalo da yang berkenan mau merawat dan membesarkan anak saya bisa telepon atau sms saya 083820410511

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

