• Akses Cepat Indeks !

  • Translate This Blog

  • Baca Quran

  • Kategori

  • Stat SUFI-Blog

    • 210,691 akses
  • Terbaru nih…

  • Goh Gallery

  • Arsip

  • Aha…

    IP
  • facebook

    Mohammad Iqbal's Facebook profile
  • Research Gate

    Mohammad Iqbal

Sudah benarkah sholat Kita ?

Saya mau bertanya sedikit kepada kita semua yang ada disini. Kapan terakhir kita belajar sholat yang benar? sholatdari puluhan tahun hidup kita ini pernahkah kita mengevaluasi apakah gerakan maupun bacaan sholat selama ini sudah sesuai dengan tuntunan nabi?

Rasanya jarang ada orang yg rajin mengurusi masalah sholatnya. lha wong setiap hari 5 kali diulang-ulang terus, mana mungkin salah… (begitu yang ada dipikiran kita)

Nahh.. itu mungkin anggapan sebagian besar masyarakat muslim. Padahal ada banyak indikator dalam keseharian kita yang menunjukkan benar atau tidaknya pelaksanaan sholat yg kita lakukan.

inilah yang diajarkan nabi, silahkan jawab beberapa pertanyaan di bawah ini dengan jujur ;

1. Masih suka gelisahkah kehidupan anda ?

jika masih suka gelisah, ingat ayat Allah ; QS 9:103 dan 13:28 (Sholat membawa ketenangan), cek juga 70:19-22 (sholat menghilangkan sifat keluh kesah)

2. Mudahkah anda mengendalikan nafsu anda ?

jika masih susah mengendalikan hawa nafsu, coba renungkan QS 29:45 (Sholat mencegah perbuatan keji dan mungkar)

3. Merasa cukupkah kehidupan anda, atau malah merasa kekurangan melulu ?

jika selalu merasa kekurangan melulu, tandanya anda cinta dunia, padahal orang yg sholat benar pasti rindu pada akhirat.

4. Lihat di negeri anda, apakah masyarakatnya tertindas atau sering terjadi bencana yang membawa berjuta-juta kesedihan ?

jika masyarakat tertindas & sering tertimpa bencana mungkin karena kurang bersyukur terhadap nikmat Allah, coba selami QS. 108:2 (sholat adalah sarana bersyukur), dengan bersyukur maka kelanjutan ayatnya adalah pada QS. 14:7 menegaskan siapa yang bersyukur akan ditambah nikmatnya dan dijauhkan dari azab

5. Lalu lihat umat Islam secara keseluruhan, sudah sukseskah kehidupannya di dunia? atau malah jadi korban kedzaliman org melulu?

Ternyata masyarakat muslim tidak berjaya kan? padahal dalam panggilan azan kita diseru dengan sholat yang akan didirikan itu marilah mencapai kemenangan (hayya alal falah), tp berapa org yng menyambut panggilan itu dengan sungguh2?

so.. mulailah evaluasi sholat kita ye. spy kita dapat mencapai kemenangan di dunia dan akhirat. amin.

Ingat, Janji Allah tidak mungkin salah, yg salah adalah kita, yang sholatnya selama ini ternyata tidak berkualitas sama sekali.

10 Tanggapan

  1. sekarang kalo kita saksikan begitu banyak cara orang mengerjakan sholat, baik itu dari gerakan, bacaan, syarat dan rukun karena tidak adanya patokan yang baku dan umumnya mereka menuruti para guru yang mengajarnya, orang tua maupun belajar langsung dari buku. dan lagi kebanyakan mereka yang sholatnya munfarid lebih banyak salah karena tidak tahu ilmunya tetapi lebih menganggap bahwa ia benar berdasarkan ini dan itu. dan yang sangat disayang begitu banyak orang alim yang dengan ilmunya mereka menambah dan mengurang hal-hal yang ada dalam sholat sehingga menurutnya inilah sholat yang terbaik dan ironisnya ilmu itu diajarkan kepada orang lain. nah inilah puncak dari segala keanekaragaman tata cara sholat. dan saya rasa wajar kalau memang ada dasar hadisnya maupun dalil alquran.
    sholat yang baik adalah cukup syarat dan rukunnya, bagi yang memang tidak tahu lebih baik berjamaah saja dan kalau masalah diterima atau tidaknya wallahualam.

  2. betul mas solikin, titik tekannya di sini yang sering dilupakan orang adalah merasa cukup dengan pelajaran yang dia dapatkan dulu ketika masih anak-anak tentang sholat. padahal seiring dengan meningkatnya usia, pelajaran sholat tetap harus didalami, sesuai dengan meningkatnya kemampuan. Patokannya ? ya tentu quran dan hadits.

    • Ass.w.w.Masalahnya semua Fihak mengatakan bersumber dari Qur’an dan Hadits………….,jadi gimana dong

  3. perbaiki kualitas shalat kita dengan senantiasa menjaga shalat berjamaah 5 waktu di masjid atau dimana adzan di kumandangkan

  4. Buat saya bagus sekali penjelasan diatas, menurut ulama syarat syah nya sholat itu sebenarnya kita harus menghadap 3 kiblat, yaitu :
    1.Dada menghadap kiblat yaitu Ka’bah. 2.Pandangan mata menuju tempat sujud.
    3.Hati harus tertuju HANYA kepada ALLAH SWT bukan yang lain.(bukan juga urusan dunia yang ribet itu)

    Untuk yang 1 & 2 itu semua orang pasti bisa, tapi untuk yang 3, nach ini permasalahannya, waktu sholat pikiran kita melayang kemana-mana (urusan pekerjaan, urusan rumah tangga dll), bahkan waktu sholat ada lho pikiran kita yang lagi berzina. Alangkah munafiknya kita ini kepada Alloh dan tidak punya malu.

    Untuk mencapai itu memang berat kecuali IHSAN didalam diri kita itu sudah terbentuk kokoh. Maka dari itu “PONDASI ISLAM YANG IHSAN” itu harus ditegakkan pada diri kita masing-masing dulu, hingga jawaban dari 1 s/d 5 diatas akan terjawab dengan sendirinya atas bimbingan Allah. Amin….!

    Untuk mencapai ihsan itu memang tidak mudah, perlu bimbingan seorang Guru Mursyid.

    Demikian pendapat singkat saya, mohon maaf dan salam kenal dari saya.

  5. Sebelum melangkah ke Sejadah, Sudah benarkah Istinja dan Wudhu kita ??… Mudah2an bisa jadi renungan bersama.

    Hamba

  6. mana ni bos tata cara, bacaannya, yang sesuai sunnah Rasul?

  7. saya pengen banget belajar sholat yang praktis damn mudah

  8. Assalam wrh.wbr. Saya mau tanya ada foto/gambar yang menunjukan kegiatan gerak sholat dan Wudlu dilengkapi bacaannya. kalau ada saya mau, tapi dengan ukuran yang agak besar. satu gerakan kuran kertas A4. ini untuk belajar anak saya yang umur 2 thn. karena setiap sholat selelu mengukuti dengan gerakan yang tidak menentu.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: